Jakarta – Saat ini alat pemadam kebakaran bukan hanya disediakan di gedung-gedung atau fasilitas umum saja. Alat pemadam kebakaran ringan atau APAR, juga harus tersedia di dalam mobil. Jenis-jenis APAR mobil yang biasa digunakan bervariasi, sesuai dengan material yang digunakan.

Di dalam mobil, alat pemadam kebakaran ini disarankan untuk diletakkan di tempat yang aman dan yang paling penting adalah terlihat serta mudah untuk dijangkau. Hal ini dimaksudkan agar alat tersebut mudah untuk diambil ketika sewaktu-waktu diperlukan.

Mengenal Alat Pemadam Api Ringan (APAR) Pada Mobil

APAR (Alat Pemadam Api Ringan) adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api ketika terjadi peristiwa kebakaran kecil. Alat ini wajib terdapat pada kendaraan mobil sebagai persiapan atau antisipasi apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Pada awalnya alat ini tidak harus ada pada kendaraan roda empat. Tetapi sejak tahun 2020, pemerintah mengeluarkan peraturan yang mewajibkan setiap kendaraan roda empat menyediakan alat tersebut. Imbas dari peraturan ini tentunya akan ada sanksi bagi pemilik kendaraan yang melanggarnya.

Kewajiban menyediakan APAR di dalam mobil ini mempertimbangkan kondisi seringnya terjadi peristiwa yang mengakibatkan kebakaran pada mobil. Peristiwa kebakaran yang terjadi tentunya akan mengakibatkan kerugian, termasuk membahayakan keselamatan pengendara dan penumpang.

Penyediaan APAR tersebut tidak dibebankan kepada pemilik mobil. Akan tetapi penyediaannya sudah disiapkan oleh pihak produsen atau perakit mobil. Berikut jenis APAR yang harus kamu ketahui.

1. APAR Busa

APAR Busa adalah alat pemadam kebakaran yang menggunakan bahan kimia untuk memadamkan api. Bahan kimia yang digunakan tersebut nantinya akan membentuk busa ketika disemprotkan. Busa tersebut yang nantinya akan menutup api penyebab kebakaran.

Ketika busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam) tersebut disemprotkan dan menutupi api, maka secara otomatis tidak ada oksigen yang bisa masuk. Dengan demikian, api menjadi kehabisan oksigen dan akhirnya akan padam.

APAR Busa ini digunakan untuk memadamkan api dari jenis kebakaran Kategori A dan Kategori B. Kebakaran Kategori B adalah kebakaran yang disebabkan oleh bahan-bahan cair. Contohnya adalah minyak, alkohol, dan solvent serta bahan cair lain yang bisa menyebabkan kebakaran.

2. APAR Serbuk Kimia

APAR Serbuk Kimia. Alat pemadam kebakaran jenis ini merupakan alat pemadam kebakaran yang bisa digunakan untuk memadamkan jenis kebakaran dengan Kategori A, Kategori B, dan kebakaran Kategori C.

Berbeda dengan kebakaran Kategori A dan Kategori B yang disebabkan oleh material tertentu, kebakaran Kategori C adalah kebakaran yang disebabkan oleh aliran listrik. Disini kebakaran terjadi karena ada masalah atau problem pada aliran listrik. Misalnya karena terjadi konsleting atau hubungan arus pendek.

APAR Serbuk Kimia ini memiliki bahan material yang digunakan untuk memadamkan api yang terbuat dari serbuk kering kimia. Serbuk kering tersebut terbuat dari kombinasi dua bahan kimia, yaitu mono-amonium dan ammonium sulphate.

Bubuk kimia kering yang digunakan tersebut berfungsi untuk menutup bahan yang terbakar. Selanjutnya bubuk kering akan memisahkan oksigen dari bahan yang terbakar, sehingga api bisa dipadamkan. APAR jenis ini tidak disarankan digunakan dalam sebuah industri, karena bisa merusak peralatan.

3. APAR Air

Sesuai dengan namanya, alat pemadam kebakaran ini menggunakan air sebagai alatnya. Dengan kata lain, bahan atau material yang digunakan untuk memadamkan kebakaran pada APAR jenis ini berupa air.

Alat pemadam kebakaran ini merupakan alat yang paling tepat digunakan untuk memadamkan kebakaran yang termasuk dalam kebakaran kategori A. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebakaran dibedakan menjadi beberapa kategori berdasarkan penyebabnya.

Kebakaran kategori A adalah kebakaran yang disebabkan oleh bahan yang terbuat dari material non logam. Misalnya adalah kebakaran yang terjadi pada bahan yang terbuat dari kayu, kertas, kain, karet, dan bahan-bahan lainnya yang tidak terbuat dari logam.

Alat pemadam kebakaran jenis ini bekerja dengan cara menyemprotkan air dengan tekanan yang sangat tinggi untuk memadamkan api penyebab kebakaran. APAR jenis ini juga merupakan alat pemadam kebakaran yang paling ekonomis.

4. APAR Karbondioksida

APAR Karbondioksida adalah APAR yang menggunakan bahan karbondioksida untuk memadamkan api. Alat pemadam kebakaran ini sangat efektif untuk digunakan pada kebakaran Kategori B yang disebabkan oleh bahan cair yang mudah terbakar, dan Kategori C, yakni kebakaran yang disebabkan oleh listrik.

Karbondioksida adalah senyawa kimia yang terdiri dari dua unsur atom oksigen dan satu buah atom karbon. Kedua atom tersebut terikat secara kovalen, dan berbentuk gas yang tidak berwarna dan juga tidak berbau. Karbondioksida sangat efektif untuk memadamkan api.

APAR Karbondioksida ini digunakan untuk memadamkan kebakaran karena sifat karbondioksida yang memiliki berat massa lebih berat dari oksigen. Dengan demikian, oksigen yang terdapat pada bahan yang terbakar akan terisolasi, sehingga reaksi berhenti dan api bisa dipadamkan.

Cara Menggunakan APAR

Kebakaran pada mobil biasanya disebabkan oleh zat cair, seperti bensin dan oli mobil. Oleh karena itu, APAR untuk mobil yang tepat untuk memadamkan kebakaran pada mobil adalah alat pemadam kebakaran yang menggunakan bahan serbuk atau powder.

Langkah pertama menggunakan APAR adalah membuka kunci pengaman atau segel APAR tersebut. Setiap APAR dilengkapi dengan kunci pengaman, untuk memastikan material yang ada di dalamnya aman dan tidak bocor. Kunci pengaman ini hanya dibuka ketika alat pemadam kebakaran ini akan digunakan.

Langkah selanjutnya adalah menekan tuas dan mengibas-ngibaskan ujung selang ke arah sumber api. Terus tekan tuas agar material serbuk yang berada di dalam tabung bisa keluar, dan pastikan seluruh permukaan benda yang terbakar tertutup oleh material serbuk tersebut.

Serbuk tersebut berfungsi untuk menutup sumber api, agar tidak ada lagi oksigen pada benda yang terbakar tersebut. Apabila sudah tidak ada lagi oksigen yang bisa masuk, maka secara otomatis api akan menjadi padam.

Mengetahui jenis-jenis APAR sangat penting untuk bisa memilih APAR yang tepat. Tetapi yang harus diperhatikan juga adalah langkah antisipasi untuk mencegah agar jangan sampai terjadi kebakaran, serta melakukan perawatan mobil secara berkala agar segera diketahui apabila terjadi masalah tertentu.[]

Sumber : www.tagar.id


Stainless steel memiliki kualitas yang berbeda pastikan anda mendapatkan produk Box APAR stainless/ dudukan tabung CO / rak APAR stainless dengan harga dan kualitas terbaik hanya di jayastainless.com. Pesan cepat hubungi kami melalui email bumata@gmail.com atau Whatsapp kami 081310045708, 081574972709, 087881743863, 081380545127.

Rak tabung APAR JSAPAR01

Custom “Rak APAR stainless” untuk tabung APAR & C02 sesuai keinginan

Box apar ataupun rak tabung apar adalah tempat menyimpan alat pemadam api ringan untuk kondisi darurat dalam mengantisipasi kebakaran yang umumnya diletakkan pada dinding tembok ataupun berdiri dalam beberapa area yang potensial untuk terpacu terjadinya kebakaran seperti di dalam kantor, mall, dapur, restoran, bank, rumah sakit, hingga rumah tinggal. Dengan adanya box tabung apar ini menjadikan alat pemadam api ringan menjadi lebih rapih, aman dan mudah ditemukan dengan cepat jika terjadi indikasi kebakaran.Dan dengan adanya box tabung apar yang terkuci akan menjadikan tabung APAR menjadi aman dari orang-oang yang tidak berkepentingan yang kemungkinan akan merusak bahkan mencuri tabung APAR, di Jaya Stainless anda dapat mengorder rak apar stainless ataupun rak tabung apar besi secara custom sesuai kebutuhan. Hubungi Telp. 0218613346 , 021 8601862, 021 86604702, 02186604409.

TAG : Rak APARdudukan APARbox APARfire extinguiserTrolley APARTempat APARtempat dudukan APARTabung APARBox kotak Tempat APAR , Box kotak APARcara menggantung APARTanda APARLogo APARRak TabungDudukan Tabung APARDudukan APAR stainlessRak tabung pemadam kebakaranBox stainlessBox pemadam Apibox Racun APIHarga gantungan APARJual dudukan APARjual Box APARJual Tempat Tabung APARDaftar harga Box stainlessjual Box APARjual dudukan tabungJual rak APAR stainlessBox apar dudukan alat pemadam apiAPAR rackAPAR holderAPAR boxAPAR TrolleyAPAR holderAPAR holderLight Fire ExtinguisherAPAR TubeAPAR holder Fire extinguisherAPAR Tube HolderAPAR stainless holderFire extinguisher rackStainless boxFire extinguisher boxPrice of APAR hangerSell APAR holdersell APAR BoxSell Place of APAR TubeStainless APAR BoxPrice list of Box stainlesssell APAR Boxsell tube holdersell stainless APAR rackfire extinguisher holder box.