Merdeka.com – Menjaga kebersihan lingkungan menjadi kewajiban bagi setiap orang. Bukan hanya di rumah, sikap ini juga perlu diterapkan di berbagai lingkungan. Termasuk lingkungan sekolah, para pelajar harus mulai diajarkan untuk cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah agar nyaman.

Lingkungan sekolah yang bersih akan memberikan suasana yang nyaman dan sehat. Kondisi ini pun akan mendukung proses belajar mengajar. Dengan lingkungan yang bersih,murid dan guru bisa berkonsentrasi penuh sehingga materi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Dalam hal ini, terdapat beberapa cara menjaga kebersihan sekolah yang perlu dilakukan. Menjaga kebersihan sekolah dapat dilakukan dengan menyediakan keset di setiap kelas, menyediakan tempat sampah di berbagai area sekolah, praktik daur ulang sampah, hingga mengadakan acara kerja bakti.

Beberapa cara menjaga kebersihan sekolah ini perlu dilakukan oleh setiap warga sekolah. Mulai dari murid-murid, para guru, penjaga sekolah, atau warga sekolah lainnya. Dengan partisipasi menyeluruh, kebersihan lingkungan sekolah dapat tercipta dengan baik.

Selain melakukan beberapa cara tersebut, penting bagi seluruh warga sekolah untuk tertib dalam menjaga lingkungan. Seperti membuang sampah pada tempatnya, menjaga kelas tetap rapi, hingga tidak berbuat kerusakan lingkungan.

Dilansir dari Evolve Cleaning, berikut kami merangkum beberapa cara menjaga kebersihan sekolah yang perlu Anda ketahui.

Cara Menjaga Kebersihan Sekolah: Sediakan Keset dan Tempat Sampah

Sediakan Keset di Setiap Ruangan

Cara menjaga kebersihan sekolah pertama yang perlu dilakukan adalah menyediakan keset di setiap kelas. Bukan sekedar menyediakan, setiap murid atau guru yang akan memasuki ruang kelas perlu membersihkan alas kaki pada keset terlebih dahulu. Cara ini sangat efektif mengurangi banyaknya debu dan kotoran yang masuk ke dalam kelas.

Meskipun begitu, bukan berarti ruangan terjamin bersih dan bebas dari kotoran. Ruang kelas atau ruangan lainnya seperti ruang guru, perpustakaan, laboratorium, hingga area ibadah, perlu dibersihkan secara rutin. Sehingga berbagai kotoran dan debu yang masuk terbawa angin, dapat dibersihkan dengan baik dan setiap ruangan akan nyaman untuk ditempati.

Sediakan Tempat Sampah yang Cukup

Cara menjaga kebersihan sekolah berikutnya yaitu menyediakan tempat sampah yang cukup di berbagai area. Tempatkan bak sampah di berbagai daerah agar mudah diakses. Mulai dari tempat sampah di setiap ruangan, di sudut halaman, dan beberapa area lainnya seperti tempat parkir hingga kantin.

Cara ini juga dinilai efektif dari risiko sampah yang berserakan dan mengotori lingkungan. Namun cara ini juga perlu didukung dengan sikap dan kesadaran yang baik, tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, pisahkan pula sampah berdasarkan kategorinya. Mulai dari sampah kering, sampah organik, dan sampah lainnya sesuai kebutuhan.

Cara Menjaga Kebersihan Sekolah: Daur Ulang Sampah dan Rapikan Barang

Mendaur Ulang Sampah

Cara menjaga kebersihan sekolah yang perlu dilakukan selanjutnya yaitu mendaur ulang sampah. Selain menyediakan tempat sampah dan memilah sampah, penting untuk memulai praktik daur ulang sampah di sekolah. Identifikasi beberapa barang yang dapat didaur ulang di sekolah seperti kertas, plastik dan kaca.

Kemudian, pihak sekolah bisa membuat program ekstrakulikuler mendaur ulang sampah. Dengan begitu, murid-murid yang tertarik dengan hal ini dapat bergabung dan mulai belajar praktik mendaur ulang sampah dengan baik dan bermanfaat.

Selain itu, penting bagi sekolah untuk menggunakan peralatan makan yang dapat digunakan kembali. Terutama bagi sekolah-sekolah yang menyediakan fasilitas makan siang bagi murid dan guru. Cara ini dapat mengurangi sampah sekali pakai secara efektif.

Merapikan Barang Setelah Digunakan

Merapikan barang setelah digunakan juga termasuk salah satu cara menjaga kebersihan sekolah yang perlu diterapkan. Seringkali, fasilitas sekolah terlihat tidak rapi, bukan karena banyak sampah, tetapi karena barang-barang di ruangan itu tidak tertata dengan baik. Selama atau setelah proses belajar mengajar, dorong siswa dan guru untuk mengembalikan barang di ruang kelas pada tempatnya.

Begitu juga saat di ruang perpustakaan, dorong siswa dan guru untuk mengembalikan buku yang telah dibaca pada rak semula. Ini akan memudahkan penyimpanan dan pengorganisasian buku dengan baik, sehingga bisa meminimalisir risiko buku hilang atau rusak.

Cara Menjaga Kebersihan Sekolah: Adakan Kerja Bakti dan Rutin Bersihkan Fasilitas Sekolah

Adakan Kegiatan Kerja Bakti

Cara menjaga kebersihan sekolah selanjutnya dilakukan dengan mengadakan kegiatan kerja bakti. Dalam hal ini, kepala sekolah perlu menentukan kegiatan kerja bakti bersama di lingkungan sekolah setiap periode tertentu, bisa setiap minggu, setiap dua minggu sekali, atau sebulan sekali.

Acara ini sebaiknya tidak hanya melibatkan siswa, tetapi juga guru, dan semua warga sekolah. Selama kegiatan kerja bakti, perlu disediakan alat-alat kebersihan yang cukup dan memadai serta perlengkapan lainnya seperti sarung tangan untuk keamanan.

Rutin Membersihkan Fasilitas Sekolah

Cara menjaga kebersihan sekolah yang terakhir namun tidak kalah penting yaitu rutin membersihkan fasilitas sekolah. Selain kebersihan ruang kelas, penting untuk memastikan kebersihan berbagai fasilitas lainnya. Seperti kamar mandi, lapangan atau halaman sekolah, tempat parkir, ruang perpustakaan, laboratorium, dan area sekolah lainnya.

Beberapa fasilitas ini dapat dibersihkan secara menyeluruh saat kegiatan kerja bakti. Libatkan seluruh warga sekolah untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dengan begitu, program kebersihan dapat terjangkau di berbagai area di sekolah. Selain itu, jika dilakukan secara bersama-sama tugas menjadi lebih ringan dan cepat terselesaikan.

Sumber : https://www.merdeka.com/


Jual dan Produksi Tempat Sampah Stainless Indoor – Oudoor berkualitas dengan harga murah terbaru 2020 di Jaya Stainless! Pembayaran mudah, pengiriman cepat & bisa custom logo.

Tempat sampah stainless

Tempat sampah stainless, jaga kebersihan dan tingkatkan estetika ruang

Dustbin siste injak cocok bila diaplikasikan pada lokasi umum industri komersial seperti mall, hotel, rumah sakit, bandara, taman kota (tempat sampah tanam stainless), pabrik, dan tempat umum lainnya. Seperti mini dan supermarket juga perhotelan, Anda juga dapat mengorder tong sampah dengan logo dan tulisan custom di Jaya Stainless sesuai keinginan.

Terlihat lebih minimalis dan indah dengan warna yang mengkilap dan variasi desain yang elegan sehingga saat ini cukup banyak dari konsumen kami yang membeli produk tong sampah stainless dalam jumlah satuan untuk keperluan rumah tinggal, tong sampah stainless memang didesain khusus agar dapat memudahkan siapapun yang ingin membuang sampah.

Tempat sampah stainless

Jaya Stainless adalah produsen tong sampah stainless sejak tahun 2000 dengan menawarkan puluhan desain dan ukuran, dapatkan juga diskon produk jika pembelian semakin banyak. Hubungi kami melalui email di bumata@gmail.com whatsapp kami di 081310045708, 081574972709, 087881743863, 081380545127, atau menghubungi kantor kami di (021) 861-3346, 8601862, 86604702, 86604409.

https://youtube.com/watch?v=K7QRmflvEmo%3Ffeature%3Doembed
https://youtube.com/watch?v=AQaDiu2AmaY%3Ffeature%3Doembed
https://youtube.com/watch?v=h44QJG9Psv0%3Ffeature%3Doembed

Tags : tong sampah stainless, keranjang sampah keringtrash cansstainless trash cansstainless trash cansstampede binsstainless car binsstainless kitchen binsroom binsdry binshotel binsstainless binsstainless steel bins