Foto: iStock

Jakarta – Teppanyaki merupakan cara masak Jepang yang mudah. Tak Harus ke restoran, teppanyaki juga bisa dibuat di rumah dengan alat-alat sederhana.
Bagi penggemar makanan khas Jepang, teppanyaki bisa dibuat di rumah dengan peralatan sederhana. Tak perlu teppanyaki grill, menggunakan wajan antilengket yang memiliki permukaan datar.

Selain bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah untuk didapat. Seperti aneka sayuran, soy sauce, hingga pilihan daging sapi atau ayam siap olah. Semuanya bisa didapat di pasar swalayan dekat rumah.

Berikut lima tips untuk memasak teppanyaki di rumah.

1. Siapkan Wajan

Teppanyaki merupakan cara memasak khas Jepang yang menggunakan wajan besi yang panas. Bagi yang mau coba masak di rumah bisa menggunakan wajan anti lengket yang datar.

Wajan yang punya permukaan datar, bisa menghantarkan panas dari api kompor dengan sempurna. Selain itu lapisan antilengket ini juga tak bikin makanan atau daging menjadi lengket. Kisaran harga iron skillet sendiri berkisar Rp 150.000 sesuai ukuran yang dibutuhkan.

2. Siapkan Bumbu

Untuk membuat teppanyaki siapkan bumbu. Bumbunya sederhana terdiri dari shoyu (kecap Jepang), lada bubuk, bawang putih cincang halus, garam dan minyak sayur.

Sedangkan untuk saus pencelup bisa disiapkan says favorit seperti saus cabe bawang atau saus cabe manis. Atau racik saus wijen dari biji wijen yang digerus halus, shoyu, bawang putih parut dan cuka putih atau air jeruk lemon. Aduk semuanya jadi satu

3. Jenis Daging dan Sayuran

Jika ingin praktis irisan tipis daging sapi sirloin bisa dibeli di pasar swalayan. Jika akan mengiris sendiri, siapkan daging has dalam, simpan 1 jam dalam freezer hingga agak keras. Selanjutnya iris tipis melintang serat dengan pisau tajam.

Kecuali daging sapi bisa dipakai fillet daging ayam, fillet ikan, udang kupas dan juga tofu. Siapkan bahan-bahan segar ini dalam piring lebar.

Selain itu bisa disiapkan sayuran. Berupa jamur shitake, jamur shimeji, bokchoy, sawi putih, tauge, wortel dan sayuran lain sesuai selera. Iris semua sayuran dengan ukuran sama.

4. Memasak Daging

Panaskan wajan di atas kompor portable. Sebaiknya gunakan kompor ini dan taruh di tengah meja makan. Tuangi sedikit minyak lalu tumis sedikit bawang putih hingga wangi.

Selanjutnya masukkan irisan daging dan masak hingga kedua sisinya kecokelatan. Lalu kucuri sedikit shoyu dan aduk hingga mendidih dan angkat. Tiap anggota keluarga bisa bergantian memasak daging yang diinginkan.

Daging bisa dicelup dengan saus favorit dan dinikmati dengan nasi hangat. Sebaiknya segera santap saat daging masih hangat agar terasa lebih juicy gurih.

Yuk intip resep lengkapnya di sini.

5. Membuat Teppanyaki Sayuran

Selain steak bisa juga buat teppanyaki versi vegetarian. Kalau suka sayuran panggang dengan aroma harum, bisa membuat sayuran ala teppanyaki di rumah. Pilihan sayur yang beragam bisa dipilih sesuai selera tapi ada beberapa jenis sayuran yang paling populer diolah menjadi teppanyaki.

Seperti irisan zucchini dengan bawang bombay atau bisa juga tambahkan jamur, wortel, kol putih, paprika, hingga bawang putih untuk menambah rasa. Penggunaan tumisannya bisa menggunakan shoyu, minyak wijen, dan tambahan garam yang bisa dimasukkan ke wajan dan ditumis selama 5 menit.

Baca artikel detikfood, “5 Tips Masak Teppanyaki di Rumah yang Tak Kalah Enak dari Restoran” selengkapnya https://food.detik.com/info-kuliner/d-4939774/5-tips-masak-teppanyaki-di-rumah-yang-tak-kalah-enak-dari-restoran.


Cabinet teppanyaki / Meja Teppanyaki Stainless adalah sebuah meja masak atau alas yang berbentuk seperti sebuah lemari sebagai tempat untuk memasak makanan, dan terbuat dari material stainles steel bersertifikasi FOOD GRADE, sehingga aman untuk digunakan di dalam pengolahan makanan.

Produk meja teppanyaki / cabinet teppanyaki yang kami produksi

Produksi Meja Teppanyaki Stainless (Cabinet Tepanyaki) ukuran Custom.

Kami menjual dan memproduksi aneka perlengkapan dapur, rumah, restauran, hotel,kantor, mall dan lain-lain dari bahan stainless berkualitas, Tebal plat stainless yang dipakai sebagai alat masak antara 0,3 cm hingga 1,5 cm (dapat dipesan khusus). Di bagian bawah alas plat stainless terdapat kompor dengan pengontrol temperatur atau besar kecilnya api.

Masakan yang dimasak di atas teppan misalnya: steak, okonomiyaki, monjayaki, yakisoba, dan berbagai variasi masakan dari sayur-sayuran, daging, atau makanan laut.

Spesifikasi – Nama : Meja Teppanyaki Stainless / Cabinet Teppanyaki– Aplikasi : Dapur restoran, Rumah, Kantin– Material : Stainless steel Food Grade– Roda : 4 buah dengan sistem Rem / Kaki Adjuster– Ukuran : 120 x 70 x 85 cm– Dapat pesan dengan ukuran khusus

Selain itu kami juga menerima pembuatan meja teppanyaki stainless dengan model yang dapat pesan khusus sesuai permintaan dan kebutuhan anda, kirimkan gambar cabinet teppanyaki ke alamat email kami [email protected] atau nomor whatsapp kami 081574972709, 081310045708.

Customer kami
lihat produk stainless

KUNJUNGI KAMI

Jl. Pahlawan Revolusi No.22b, Pondok Bambu Jakarta Timur – 13430
T. 021 – 861 3346, 8660 4409, 8660 4413
Whatsapp. 081310045708, 081574972709, 087881743863, 081380545127
Bantuan cepat via email : [email protected]
Website : jayastainless.com / jayastainless.co.id

Katalog Meja teppanyaki stainless