Kondisi parkir sepeda di Stasiun Pasar Senen.
Kondisi parkir sepeda di Stasiun Pasar Senen. (Afzal/detikcom)

Jakarta – Beberapa stasiun yang telah terisi fasilitas rak parkir sepeda terlihat sepi pesepeda yang parkir. Kondisi ini juga terjadi di Stasiun Senen, Stasiun Klender, dan Stasiun Buaran.

Tim detikcom kembali melakukan kunjungan di beberapa Stasiun KRL di DKI Jakarta dan sekitarnya untuk melihat fasilitas parkir sepeda yang telah tersedia.

Di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Rabu (31/3/2021), pukul 15.15 WIB, parkir sepeda di stasiun tersebut terlihat kosong dari sepeda yang parkir.

Di Stasiun tersebut, ada 3 buah rak yang disediakan. Rak tersebut berdiri di tengah-tengah tempat parkir mobil. Tempat parkir tersebut persis berada di depan stasiun yang juga merupakan akses masuk khusus pesepeda dan pejalan kaki.

Petugas parkir di stasiun tersebut menyebut tempat parkir sepeda lebih sering kosong. Namun, sesekali ada juga orang yang memarkirkan sepedanya di tempat tersebut.

“Iya kadang kosong, kadang ada,” ujarnya saat ditemui di lokasi.

Kondisi berbeda terlihat di Stasiun Klender, Jakarta Timur. Meski hanya ada satu rak parkir sepeda, di stasiun tersebut pada pukul 16.15 WIB ada dua sepeda yang parkir.

Letaknya yang dekat dengan pos jaga membuat lokasi parkir sepeda tersebut terkesan aman. Sayangnya, pengendara sepeda yang berasal dari belakang stasiun atau Jl I Gusti Ngurah Rai harus berputar cukup jauh untuk menuju lokasi parkir.

Jika tidak ingin berputar, pengendara sepeda harus mau mengangkat sepedanya melalui tangga yang disediakan. Ada juga jalan yang biasa digunakan warga untuk menyeberang rel kereta, namun tidak ada rambu penanda ketika kereta lewat.

Kondisi parkir Sepeda di Stasiun KlenderKondisi parkir sepeda di Stasiun Klender. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Di Stasiun Buaran, Jakarta Timur, yang berjarak satu stasiun dari Stasiun Klender juga sudah terdapat satu buah fasilitas rak parkir sepeda. Namun di stasiun tersebut juga terlihat kosong pada pukul 17.00 WIB.

Rak parkir sepeda di stasiun tersebut berada di tengah-tengah parkir untuk sepeda motor. Mesti berada di sana, tidak ada sepeda motor yang menyerobot ruang parkir sepeda untuk memarkirkan sepeda motornya.

Letak parkiran tersebut tidak jauh dari pintu gerbang stasiun. Tempat rak parkir sepeda juga berada di depan tangga yang merupakan akses menuju loket stasiun.

Kondisi parkir Sepeda di Stasiun Buaran.Kondisi parkir sepeda di Stasiun Buaran. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.