ilustrasi sedotan/Alina Kruk/shutterstock

Jakarta Di zaman sekarang banyak sekali outlet yang menjual minuman kekinian seperti kopi, milk tea, susu, minuman boba dan lain sebagainya, yang menarik dan menggiurkan lidah.

Untuk menikmati minuman tersebut, Sahabat Fimela bisa menggunakan sedotan yang terbuat dari stainless, untuk mengurangi jumlah sampah dan ramah lingkungan.

Sedotan stainless dapat digunakan berulang kali. Namun sedotan stainless harus sering dicuci agar tetap terjaga kebersihan dan kualitasnya. Berikut cara membersihkan sedotan stainless dengan mudah.

Jenis Sedotan yang Ramah Lingkungan

1. Sedotan Stainless

Jenis sedotan yang ramah lingkungan adalah sedotan dari bahan stainless. Bahan stainless ini higienis dan tidak mudah berkarat. Sedotan ini bisa digunakan berulang-ulang kali, sehingga tidak akan memenuhi sampah dan mudah untuk dibersihkan.

2. Sedotan Kertas

Sedotan kertas bisa digunakan sebagai pengganti sedotan plastik, untuk mengonsumsi minuman di acara pesta atau di kafe. Sedotan kertas ini sekali pakai dan ramah lingkungan, karena sedotan kertas bisa didaur ulang setelah dibuang.

3. Sedotan Kaca

Sedotan kaca adalah sedotan yang cukup unik, karena terbuat dari kaca yang transparan, sehingga saat menikmati minuman, kamu bisa melihat warna dan tekstur minuman saat menyedotnya. Sedotan kaca ini bisa digunakan berulang kali, tetapi harus berhati-hati saat mencuci dan menggunakannya, agar tidak pecah.

4. Sedotan Bambu

Jenis sedotan yang terakhir adalah sedotan bambu. Sedotan yang terbuat dari bambu ini sangat unik dan bisa memberikan kesan natural, saat mengonsumsi minuman. Sedotan bambu ini harus dicuci dengan benar, karena sedotan bambu mudah berjamur.

Cara Membersihkan Sedotan Stainless

1. Cuci dengan Air Mengalir

Cara membersihkan sedotan stainless yang pertama, yaitu mencuci dengan air mengalir, dengan mengarahkan bagian lubang sedotan ke air dan masukkan sikat kecil ke dalam lubangnya. Sikat ini berfungsi untuk mengeluarkan kotoran di dalam lubang sedotan.

2. Gunakan Sedikit Sabun

Agar lebih bersih, kamu bisa menuangkan sedikit sabun cuci piring ke sikat, lalu gosokkan ke dalam lubang sedotan pelan-pelan agar tidak lecet. Kemudian bilas sampai bersih agar tidak ada busa yang menempel di dalam sedotan.

3. Baking Soda

Baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan sedotan stainless. Caranya dengan menaburkan bubuk baking soda ke sikat, lalu gosokkan sikat sampai sedotan bersih, dan bilas menggunakan air yang mengalir.

4. Cuka

Jika sering digunakan, sedotan stainless akan mudah berkarat dan kualitasnya berkurang. Untuk membersihkan sedotan yang mulai berkarat, kamu bisa merendam sedotan dengan cuka, lalu gosok sedotan dengan sikat secara lembut dan bilas sampai bersih.

5. Lemon

Air perasan lemon juga bisa membantu membersihkan sedotan stainless. Cara menggunakannya adalah mencampurkan baking soda dengan air perasan lemon, sampai berbentuk pasta dan digunakan untuk menggosok sedotan.

Keunggulan Sedotan Stainless

Sedotan stainless termasuk sedotan reusable, yang tidak berbahaya jika digunakan berulang-ulang kali. Maka dari itu, sedotan stainless termasuk sedotan yang ramah lingkungan.

Selain itu, sedotan stainless memiliki keunggulan lain yang mudah dibersihkan. Sedotan ini tidak mudah berjamur atau berlumut, sehingga lebih menyehatkan saat digunakan, daripada menggunakan jenis sedotan bambu.

Sedotan stainless tidak mudah rusak, tahan lama, mudah dibawa dan harganya sangat ekonomis, jika dibandingkan dengan sedotan yang terbuat dari kaca. Kamu bisa membeli sedotan stainless dengan harga mulai 20ribuan, yang isinya ada berbagai macam dan sudah dapat sikat sedotan.

Sumber : fimela.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.