HAI-Online.com – Saat memarkir kendaraan kalian, khususnya sepeda motor, faktor keamanan pastinya menjadi salah satu pertimbangan penting.

Seperti yang kita tahu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat parkir motor, terutama jika lokasinya di pinggir jalan. 

Sebab, udah banyak kejadian motor dicuri oleh maling walaupun sudah dikunci setang. 

Terkait hal ini, Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempersulit maling mencuri sepeda motor, salah satunya yakni dengan mengunci setang ke kanan. 

“Sebenarnya jika kita sedang menggunakan standar samping di motor, agar tidak mudah roboh ketika parkir, setang dibelokkan ke kiri.” 

“Namun karena maraknya pencurian motor, jadi untuk mempersulit maling dalam menggunakan kunci T maka setang sebaiknya belok ke kanan,” kata Agus kepada Kompas.com, Selasa (22/6/2021).

Ilustrasi parkir sepeda motor. Sherly Puspita/KOMPAS.com

Meski begitu, Agus juga mengatakan, hal ini bukan menjadi jaminan motor terhindar dari aksi pencurian. 

Pasalnya, semakin banyak juga cara yang digunakan oleh pelaku pencurian sepeda motor untuk mematahkan kunci setang yang berada pada posisi ke kanan. 

“Jadi lebih aman adalah gunakan kunci atau gembok tambahan pada motor agar lebih aman dari pencurian. Jika perlu, gunakan kunci rahasia atau alarm di motor agar terhindar dari pencurian,” saran Agus. 

Selain memperhatikan keamanan motor pada saat parkir, pemilik kendaraan juga harus memperhatikan lokasi tempat parkirnya. 

Ia menegaskan, sebisa mungkin jangan parkir motor di tempat sepi atau tempat yang rawan pencurian sepeda motor. 

Jadi biar lebih aman, pastikan juga parkir di tempat yang resmi, minimal ada petugas parkir yang menjaga dan mengawasi kendaraan kita pada saat di area parkir ya, sob. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.