Masih banyak orang yang belum memahami perbedaan stainless dan besi dengan finishing chrome pada furnitur. Keduanya memang terlihat sama, tetapi pipa stainless menjadikan meja makanmeja tamu atau kursi kuat karena memiliki kekuatan yang lebih baik dari pada pipa besi berlapis chrome. Hal ini membuat kursi stainless lebih tidak mudah bengkok saat digunakan.

Tidak sedikit pula orang yang tertipu dengan hal ini, termakan omongan dari para penjual furniture yang mengatakan produk merekan menggunakan pipa stainless, padahal tidak. Pelanggan akan merasa dirugikan karena besi dengan finishing chrome akan mudah mengelupas dan berkarat, tidak seperti furnitur kantor atau furnitur rumah dengan bahan stainless yang lebih kuat dan tahan karat.

Pak Mul memiliki tips khusus untuk Anda yang masih belum mengerti bagaimana cara membedakan furniture dengan pipa stainless steel dengan pipa besi berlapis chrome, sebagai berikut:

Warna
Perbedaan yang paling dasar adalah perbedaan warna. Secara fisik, permukaan stainless lebih cerah dan sedikit berwarna kekuningan daripada lapisan chrome. Tapi mungkin cara ini mungkin agak sulit bagi para konsumen yang belum terbiasa & paham karakter bahan stainless & besi.

Motif
Banyak produsen furnitur stainless kini membuat rangka stainless dengan finishing hairline atau doff. Hal ini selain membuat warna pada rangka stainless terlihat lebih elegan & mewah, juga membuat bahan stainless menjadi lebih mudah dibedakan dengan besi finishing chrome.

Tes Magnet
Jika kedua cara di atas masih terlihat sulit dilakukan, mungkin ini cara termudah dan paling dasar yang bisa dilakukan. Coba letakkan magnet di rangka furnitur yang dimaksud. Magnet akan menempel mudah di permukaan besi dengan finishing chrome. Sebaliknya, magnet tidak mudah atau bahkan tidak bisa menempel dengan sangat kuat di permukaan furnitur stainless.

Mudah bukan? Kali ini Anda tidak akan pernah merasa ditipu lagi oleh penjual, dan mulai melakukan investasi di furniture berbahan stainless untuk furnitur yang kuat, awet, dan tahan karat.

SUMBER : kompasiana.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.