Jelantah atau minyak goreng bekas. ( Dok. Shutterstock/k-02)

Penulis Abdul Haris Maulana | Editor Esra Dopita Maret JAKARTA, KOMPAS.com – Minyak jelantah atau minyak goreng bekas yang menghitam seharusnya sudah tidak lagi digunakan untuk memasak atau menggoreng.

Sebab, hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan.  Karena itu, sebaiknya minyak goreng bekas segera dibuang. Sayangnya, ketika membuangnya, banyak orang yang asal membuangnya. 

Biasanya, minyak jelantah dibuang ke wastafel atau tempat pencucian piring. Padahal, hal tersebut tidak boleh dilakukan karena dapat mencemari lingkungan tempat tinggal dan menyebabkan penyumbatan di saluran air.

Lantas, kemanakah minyak goreng bekas harus dibuang? Adakah cara yang aman  membuangnya? 

Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (9/6/2021), berikut ini cara terbaik membuang minyak jelantah. 

Bahan-bahan yang diperlukan Siapkan boks bahan kertas bekas seperti kotak susu dan sebagainya Selotip Koran bekas secukupnya 

Cara pengerjaan

1. Buka lembaran koran, lalu sobek menjadi dua bagian, dan remukkan koran menjadi seperti bola kertas. Buat bola-bola kertas secukupnya atau sesuai yang dibutuhkan. 

2. Masukkan bola kertas ke boks kertas bekas sampai hampir penuh.

3. Selanjutnya, tuangkan minyak goreng bekas ke dalam boks kertas bekas yang telah diisi bola kertas.  Baca juga: 5 Cara Ramah Lingkungan dalam Membasmi Serangga di Rumah

4. Setelah itu, masukkan kembali bola kertas untuk menutupi bagian atas minyak goreng bekas. 

5. Kemudian, rekatkan selotip di setiap ujung boks kertas bekas agar minyak goreng bekas tidak keluar.

6. Setelah itu, buang boks kertas bekas ke tempat sampah. 

Apabila cara di atas terasa ribet, kamu bisa langsung menuangkan minyak jelantah ke dalam botol plastik bekas dan membuangnya ke tempat sampah. Hanya saja cara ini cukup berisiko karena apabila botol tersebut bocor dapat membuat tumpahan minyak, turut mencemari lingkungan, juga membuat licin. 

Bekukan minyak dan buang Cara membuang minyak jelantah lainnya adalah dengan membekukannya terlebih dahulu, lalu buang minyak goreng bekas ke kantong plastik. Jangan lupa ikat atau tutup kantong sampah rapat-rapat dan segeralah membuangnya ke tempat sampah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.