Grill besi adalah sebuah benda yang berfungsi sebagai penutup saluran air atau selokan di pinggir jalan raya. Keberadaan grill cover sangatlah penting, karena membantu masyarakat memiliki sistem pembuangan air yang nyaman.

Selokan bisa berfungsi sebagai saluran air sebagaimana semestinya, tanpa perlu khawatir mengganggu pengguna jalan ataupun menimbulkan bau menyengat yang mengganggu.

Selama ini, selokan memang selalu identik dengan kotoran, sampah dan bau busuk. Itulah mengapa sebabnya banyak orang yang merasa jijik begitu mendengar kata selokan. Padahal, fungsi dari selokan sebagai jalur pembuangan air sangatlah penting terhadap lingkungan.

Oleh sebab itu, para pengerajin furniture mencipatakan sebuah solusi berupa penutup selokan grill besi. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari pemasangan grill besi. Apa sajakah itu? Simak ulasan lengkapnya berikut.

Fungsi Pemasangan Penutup Selokan Grill Besi

1.    Penutup selokan

Secara mendasar, grill besi berfungsi sebagai penutup selokan. Letak selokan yang umumnya berada di pinggir jalan tentu akan menjadi pemandangan bagi banyak orang. Jika tidak diberi penutup, keberadaan selokan yang berisi air pembuangan dan sampah bisa mengganggu pandangan masyarakat.

Maka dari itu, selokan sebaiknya diberi penutup. Sehingga apapun yang berada di dalamnya tidak akan mengganggu masyarakat sekitar. Rugi banget rasanya apabila sampai tidak jadi membuat saluran air hanya gara-gara kotoran yang mengganggu pandangan mata.

2.    Menciptakan sistem pembuangan air yang ideal

Sudah sewajarnya setiap fasilitas publik tidak mengganggu warga sekitar, begitupun dengan sistem pembuangan air. Meskipun fungsinya sangatlah penting terhadap kebersihan lingkungan, namun jika mengganggu ya sama saja.

Disinilah pentingnya memasang penutup selokan grill besi. Karena dibuat dari bahan yang cukup tebal, grill besi juga bisa sekalian menahan aroma busuk pada selokan. Dengan begitu, masyarakat tetap memiliki saluran air yang sama sekali tidak mengganggu.  

3.    Melindungi masyarakat sekitar supaya terhindar dari kotoran

Sampah dan tumpukan kotoran yang ada di dalam selokan tidak hanya mengganggu pemandangan dan menimbulkan bau busuk, melainkan juga sangat menjijikkan apabila terkena manusia. Supaya tidak menyemprot kemana-mana, dipasanglah penutup selokan.

Nantinya, grill besi melindungi warga sekitar dari bersentuhan langsung dengan kotoran. Keren banget bukan?

4.    Sebagai tangkapan air pada jalan raya

Di daerah perkotaan seperti Jabodetabek dan sekitarnya, sangatlah penting memiliki selokan. Selokan berfungsi sebagai daerah resapan air, sehingga secara langsung bisa membantu mengurangi risiko banjir.

Tanpa ada saluran air yang lancar, mustahil apabila banjir bisa diatasi. Oleh sebab itu, ada baiknya setiap jalan raya memiliki tangkapan air. Jangan lupa memasang grill cover, supaya resapan air tidak mengganggu aktifitas pengguna jalan.

5.    Menghalangi sampah

Salah satu perilaku negatif yang sampai sekarang masih menjadi kebiasaan kebanyakan orang adalah membuang sampah sembarangan. Selokan menjadi tempat favorit untuk membuang sampah, karena hal ini sangatlah mudah dilakukan.

Setidaknya ada dua risiko membuang sampah di selokan. Pertama, membuat selokan semakin kotor dan berbau busuk. Kedua, selokan yang seharusnya menjadi saluran air kini menjadi tempat sampah dan membuat aliran air tersumbat.

Jika tidak bisa mengubah kebiasaan banyak orang, pemerintah setempat bisa berinisiatif memasang grill besi. Dengan adanya penghalang, mereka pasti berpikir dua kali ketika ingin membuang sampah di selokan.

Pada akhirnya, kebersihan selokan menjadi lebih terjaga.

6.    Mengurangi risiko kecelakaan jalan raya

Terdengar kurang logis, namun begitulah kenyataannya. Selokan yang berada di pinggir jalan raya sangatlah penting dipasang penutup. Penutup ini bertujuan supaya tidak ada lagi kasus kendaraan tercebur ke selokan.

Aktifitas pengguna jalan bisa lancar berkat pemasangan penutup selokan. Grill besi dipilih karena memiliki kekuatan super kokoh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *