Jemuran besi sejak dulu hingga kini memang banyak diburu. Terlepas dari fungsi utamanya untuk menjemur pakaian, jenis jemuran ini mempunyai beberapa kelebihan. Meskipun masih banyak bahan jemuran selain besi, namun tidak membuat jemuran berbahan besi ditinggalkan. Selain praktis, jemuran ini memiliki beberapa keuntungan lain yang sangat membantu.

5 Keuntungan saat Memiliki Jemuran Besi

“Apa sih untungnya punya jemuran berbahan besi? Toh fungsinya juga sama sama untuk menjemur pakaian”.

Mungkin Anda sekarang memiliki pemikiran demikian. Nah, untuk memantapkan langkah Anda untuk memakai jemuran berbahan besi, berikut beberapa keuntungan yang Anda dapatkan jika memakai jemuran ini.

•    Mampu Menahan Beban Berat

Salah satu keunggulan besi ialah kekuatannya dalam menahan beban berat. Makanya, kebanyakan material bangunan disusun dengan menggunakan bahan besi.  Karena besi memiliki kelebihan menahan beban berat, jemuran berbahan besi akan lebih kuat menahan pakaian dalam jumlah banyak.

Biasanya, pakaian setelah dicuci akan memiliki massa cukup berat, karena masih terdapat kandungan air. Namun, Anda tidak perlu khawatir pakaian akan jatuh karena bahan jemuran yang mudah roboh apabila menggunakan jemuran berbahan besi ini.

Dengan kelebihannya dalam menahan beban berat, tentu bukan hanya baju atau celana yang bisa Anda jemur. Melainkan sandangan lain yang memiliki massa cukup berat, seperti selimut, bantal, guling, boneka, dan lain-lain.

•    Jemuran Besi Mudah Dirapikan dan Ringkas

Keuntungan lain apabila Anda menggunakan jemuran besi saat menjemur pakaian ialah memudahkan Anda dalam merapikannya. Sehingga kondisi halaman Anda terlihat lebih rapi. Anda juga dapat menyimpan kembali jemuran ini ke dalam rumah karena mudah diringkas.

Beberapa model jemuran besi las biasanya didesain agar bisa dilipat, sehingga mudah menyimpannya. Bahkan, Anda bisa memilih jemuran yang disesuaikan dengan konsep desain rumah Anda dengan jemuran baju dinding berbahan besi. Jadi, tidak salah jika Anda memilih jemuran berbahan besi sebagai perabot rumah Anda.

•    Tersedia dalam Banyak Model

Masyarakat modern sudah semakin kreatif, sehingga model jemuran baju juga telah mengarah pada jemuran baju kreatif. Ada jemuran yang bisa dilipat, ada yang ditempelkan ke tembok, bahkan dari kedua jenis jemuran tersebut masih bisa dikreasikan menjadi lebih menarik lagi.

Melihat hal itu, trend jemuran masa kini tersedia lebih banyak model, termasuk jemuran berbahan besi. Model jemuran baju dari besi sekarang sudah beragam, bahkan bentuknya bisa menyesuaikan dengan keinginan Anda.

•    Harganya Cukup Murah

Jemuran berbahan besi tersedia dengan berbagai bentuk dengan harga cukup murah. Pada umumnya, harga jemuran ini menyesuaikan dengan modelnya. Semakin sederhana maka harga semakin murah, begitupun sebaliknya.

Meskipiun Anda memesan jemuran besi dengan harga cukup mahal, namun itu masih sebanding dengan kualitals yang diberikan. Melihat beberapa keuntungan yang diberikan, Anda tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya cukup besar untuk mendapatkannya.

Tips Merawat Jemuran Besi

Meskipun besi kuat, namun tetap memiliki kekurangan pada beberapa sisi. Seperti yang kita tahu, bahwa besi mudah mengalami karat akibat dari reaksi oksidasi. Berbeda dengan jemuran baju stainless yang begitu tahan dengan karat. Jika sudah berkarat, jemuran berbahan besi akan berkurang kekuatannya.

Jemuran berbahan besi yang sudah berkarat tentu akan kehilangan keindahannya. Dengan demikian, Anda perlu melakukan perawatan terhadap jemuran ini. Perawatannya cukup mudah untuk Anda lakukan. Barikut ini beberapa tips untuk merawat jemuran berbahan besi.

•    Mengelapnya Jika Terkena Air

Reaksi oksidasi besi juga bisa terjadi apabila terkena air. Jadi, Anda perlu mengeringkan jemuran ketika sudah digunakan untuk menjemur pakaian basah. Selain akibat pakaian basah, sumber air juga bisa berasal dari embun.

Pada dasarnya, Anda harus memastikan agar jemuran berbahan besi milik Anda berada pada kondisi kering agar kemungkinan besi berkarat dapat diminimalisir.

•    Memodifikasi Lingkungan

Jemuran berbahan besi ada juga yang ditempatkan di dalam ruangan. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan besi dapat berkarat. Hal yang perlu Anda lakukan ialah dengan modifikasi lingkungannya.

Salah satu caranya yaitu dengan menurunkan kelembaban udara ruangan. Kelembaban yang terlalu tinggi akan menyebabkan besi mudah berkarat, karena proses oksidasi terjadi lebih cepat.

Modifikasi lingkungan bisa Anda lakukan dengan menempatkan jemuran pada ruangan yang terpapar sinar matahari. Hal ini akan mengurangi kelembaban ruangan. Atau juga bisa dengan menggunakan Air Conditioner sebagai pendingin dan mengurangi kelembaban ruangan.

•    Mengecatnya Jika Sudah Berkarat

Bisa jadi akibat ketidakwaspadaan Anda, jemuran telah mengalami karat. Hal yang perlu Anda lakukan ialah mengecatnya kembali. Dengan menutupinya dengan cat, reaksi oksidasi akan terhambat, sehingga karat tidak bisa menyebar ke bagian yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *