Peringatan HUT Republik Indonesia merupakan momen penting bagi segenap warga Indonesia. Sehingga wajar jika setiap kali upacara peringatan HUT RI di Istana Merdeka selalu dikemas dengan sangat baik dan sakral.

Persiapan upacara peringatan HUT RI diawali dengan seleksi pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka), latihan, dan sampai pada upacara bendera. Di samping persiapan pasukan, persiapan perlengkapan pun tidak kalah penting, seperti tali bendera.

Tali yang digunakan untuk menaikkan bendera merah putih saat upacara peringatan HUT RI di Istana Merdeka adalah tali yang didatangkan khusus dan tidak mudah didapatkan. Tentu tujuannya agar proses pengibaran bendera bisa berjalan sakral.

Tali Bendera untuk Upacara HUT RI

Tali bendera istana yang digunakan memiliki tekstur lembut tapi sangat keras dan kuat. Berbeda dengan tali yang digunakan pada upacara bendera di sekolah-sekolah. Jika tali biasa akan  mudah mengulur dan kurang kuat. Jika menggunakan nilon pun demikian, mudah mengulur dan kurang kuat. Jadi memang jenis tali yang didatangkan memiliki kualitas sangat baik.

Tidak sembarangan, tali ini bahkan juga mendapat perlakuan khusus agar membuatnya lembut dan tetap kuat. Tentu, harga tali bendera merah putih yang digunakan pada upacara peringatan HUT RI sangat jauh berbeda dengan tali pada umumnya.

Setelah diukur dan disesuaikan dengan tiang bendera dari ujung hingga pengait tali bendera, tali tersebut direndam dengan air panas satu hari satu malam. Berikutnya, tali tersebut direndam lagi dengan deterjen agar halus. Kemudian, tali tersebut dijemur hingga seminggu agar benar-benar tegang dan tidak terpelintir.

Begitu panjang proses tali bendera yang digunakan pada saat upacara peringatan HUT RI di Istana Merdeka. Hal ini menunjukkan bahwa tali pada tiang bendera sangatlah penting.

Jenis-Jenis Tali Tiang Bendera untuk  Upacara

Tidak ada patokan pasti berapa panjang tali tiang bendera untuk upacara peringatan, sehingga kita harus melakukan pengukuran terlebih dahulu. Namun, penting untuk memilih jenis tali tiang bendera yang akan digunakan.

Meskipun insiden tali putus jarang terjadi pada saat pengibaran bendera, namun tetap saja kita harus mengantisipasinya dengan cara menggunakan jenis tali yang berkualitas. Berikut ini beberapa jenis tali tiang bendera yang bisa Anda gunakan untuk upacara bendera.

1.     Kategori Climbing Safety

Tali tiang bendera kategori climbing safety merupakan jenis tali berbahan katun kuat dan dirajut. Terdapat isi pada tali ini sehingga kuat saat digunakan dan memiliki diameter kurang lebih 8 milimeter. Untuk jenis ini, harga tali bendera per meter yaitu Rp 8.500.

2.    Hongda Poliester

Hongda adalah nama merk tali kepang berbahan polyester. Tali ini cocok digunakan untuk berkemah, kerajinan, dan kontruksi. Tapi Anda juga bisa menggunakannya untuk tali tiang bendera. Tali berbahan polyester ini memiliki diameter 7 mm dan memiliki kelebihan tahan terhadap busuk dan lumut, juga telah tersertifikasi Breaking Strength Uji.

3.    Polydac Tali Halyard

Polydac tali halyard adalah nama tali bendera kualitas terbaik berbahan poliester dacron yang dirancang untuk perahu layar dan bendera terbang. Melakukan tugas ganda sebagai yang sangat kuat dan tahan lama. Anda dapat menggunakannya untuk berbagai aktivitas dalam dan luar ruangan, termasuk berkemah, kerajinan, konstruksi, tali bendera, dan kelangsungan hidup.

4.    Tali Berbahan Nylon

Selain ke tiga jenis tali di atas, Anda juga bisa menggunakan jenis tali berbahan nilon untuk tiang bendera. Namun, ada kekurangan jika menggunakan tali jenis ini, yaitu bahannya yang mudah mengulur.

Jual Tali Tiang Bendera Kualitas Terbaik di Jabodetabek

Pada sub bahasan sebelumnya, telah dijelaskan beberapa jenis tali tiang bendera yang bisa Anda gunakan. Bagaimana cara mencari tempat jual tali-tali tersebut?

Ada banyak yang menjual tali-tali seperti yang sudah dijelaskan, namun tidak semua penjual menyediakan bahan dengan kualitas terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *