Pembatas shaf shalat masjid adalah komponen yang wajib ada di dalam masjid. Hal ini karena dalam agama Islam mengharuskan untuk melaksanakan sholat secara terpisah antara laki-laki dan perempuan.

Pembatas shaf shalat di masjid ada banyak macamnya. Ada yang berbentuk tirai pembatas masjid, ada pun yang berbentuk papan. Bahan yang digunakan dalam pembuatan pembatas pun beraneka ragam. Masing-masing jenis bahan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Pentingnya Pembatas Shaf Shalat di Masjid

Bagi umat Islam, sholat berjamaah di masjid merupakan suatu anjuran, karena akan mendapatkan kebaikan 27 kali lipat apabila dijalankan. Berbeda apabila mereka menjalan ibadah sholat sendirian.

Namun, dalam pelaksanaan sholat berjamaan di masjid, antara laki-laki dan perempuan harus dipisahkan. Hal ini sesuai dengan syariat agama Islam yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW. Partisi masjid atau pembatas shaf sholat ini sangat penting ada di dalam sebuah masjid. Biasanya shaf laki-laki berada di depan shaf perempuan. Hal ini sudah diatur di dalam syariat agama Islam.

Namun, di beberapa masjid atau mushola ada yang posisi shaf perempuan sejajar dengan laki-laki. Ada dua pendapat tentang hal ini, yakni ada yang membolehkan dan tidak. Pendapat yang tidak membolehkan, karena posisi perempuan yang sejajar dengan laki-laki ketika sholat dapat memancing syahwat. Sedangkan pada saat shalat seharusnya manusia bermunajat dengan Allah. Oleh karena itu, berposisi sejajar antara laki-laki dan perempuan bisa membatalkan sholat.

Sudah seharusnya keadaan seperti ini dikurangi, atau bahkan dihapuskan dari pikiran pada saat sholat. Agar aktivitas ibadah bisa berlangsung dengan khusyuk dan khidmat.

Tips Memilih Pembatas Shaf Shalat Masjid

Pembatas shaf shalat masjid ini memiliki berbagai model dan ukuran yang tidak baku. Artinya, tidak ada ukuran pasti untuk pembatas ini. Jadi, Anda harus menentukan sendiri. Kalaupun ada, itu hanyalah contoh. Berikut ini beberapa tips untuk memilih pembatas shaf yang perlu anda ketahui:

•    Menentukan Ukuran Pembatas Shaf Shalat Masjid

Ukuran pembatas shaf berbeda-beda, menyesuaikan dengan ukuran masjid atau mushola. Kita tahu bahwa ragam ukuran masjid berbeda-beda. Ukuran masjid yang besar tentu akan memerlukan pembatas shaf yang besar juga, begitupun sebaliknya.

Sebelum Anda memesan pembatas shaf sholat, sebaiknya sudah diketahui ukurannya. Pastikan ukuran yang dipakai sesuai dengan konsep dekorasi ruang masjid. Hal ini agar penempatan pembatas tidak mengurangi estetika di dalam masjid atau mushola.

•    Menentukan Model Pembatas Shaf Shalat Masjid

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pembatas shaf shalat memiliki berbagai model, ada yang berbentuk kain dan papan. Setelah mengetahui ukuran pembatas yang diperlukan, selanjutnya Anda perlu menentukan modelnya.

Dalam menentukan model pembatas, ada baiknya menyesuaikan dengan konsep desain masjid. Hal tersebut dilakuan agar serasi antara pembatas dengan desain masjid. Ada banyak nama kain pembatas masjid yang bisa Anda pilih untuk ini.

•    Mencari Jasa Dengan Harga yang Terjangkau

Arti dari harga terjangkau yakni bisa terpenuhi oleh para pembeli. Pastikan sebelum menentukan untuk memesan pembatas shaf, harga yang ditawarkan terjangkau oleh Anda. Hal ini perlu dilakukan agar tidak menjadi beban.

Harga pembatas masjid memang bervariasi, karena ukurannya juga bervariasi, menyesuaikan dengan kebutuhan pembeli. Semakin besar ukuran, maka harganya juga semakin mahal, begitupun sebaliknya.

•    Memilih Jasa yang Jelas Berkualitas

Kenapa harus memilih jasa pembuatan pembatas shaf shalat yang berkualitas? Alasan utamanya ialah agar hasil yang diperoleh juga berkualitas. Namun, jasa pembuatan pembatas shaf shalat sangat banyak. Anda harus jeli dalam memilihnya.

Agar semakin yakin, Anda bisa bertanya ke orang-orang yang pernah memesan pembatas shaf ini. Pasti mereka akan merekomendasikan jasa pembuatan pembatas shaf masjid yang berkualitas dan harga terjangkau.