Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor, Jawa Barat, mengungkapkan keberhasilan kota hujan tersebut sebagai kota terbaik nasional kota tertib ukuran atau timbangan.

“Penghargaan ini kita peroleh pada tahun 2012 lalu, Kota Bogor menjadi salah satu kota terbaik di tingkat nasional sebagai kota tertib ukuran timbangan,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor, Bambang Budianto, di Bogor, Sabtu. Bambang menjelaskan, predikat tersebut diperoleh melalui proses penilaian yang dilakukan di tiga pasar di Kota Bogor. ‘Ada tiga pasar yang dinilai saat itu, Pasar Bogor, Pasar Sukasari, dan Pasar Kebon Kembang,’ ujarnya.

Untuk mempertahankan prestasi tersebut, lanjut Bambang, Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan secara rutin melakukan pengawasan dan pengecekan timbangan para pedagang di sejumlah pasar.

“Tahun ini pengecekan kembali kita lakukan, pengecekan pertama dilakukan di Pasar Bogor, hasilnya positif,” kata Bambang. Bambang menyebutkan, setiap pedagang diwajibkan menera ulang timbangan miliknya setiap tahunnya. Setiap timbangan yang ditera akan diberi label sebagai tanda telah ditera.

“Dengan label ini kita bisa mengontrol timbangan para pedagang apakah sudah ditera atau belum, karena dilabel ada tanggal waktu peneraan di lakukan,” ujarnya. Bambang menambahkan, sejauh pengecekan yang telah dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan melalui Bidang Metrologi, belum ditemukan adanya penyalahgunaan timbangan oleh pedagang.

“Paling ada juga timbangannya kelebihan berat, jarang ada yang kurang. Biasanya kita akan perbaiki untuk mengepaskan timbangan agar pedagang juga tidak dirugikan karena ketidaktahuannya,” kata Bambang.


Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bogor, Aim Halim Hermana, mengapresiasi upaya dan prestasi yang diraih Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam menjaga kejujuran timbangan pedagang di pasar. ‘Hasil laporan petugas tidak menemukan adanya kecurangan oleh para pedagang setelah dilakukan pengecakan oleh petugas Disperindag. Yang ada justru ada kelebihan timbangan,’ kata Aim.

Sumber : http:// www. ciputranews. com / bu-kota-daerah /disperindag-kota-bogor-terbaik-tertib-ukuran-timbangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *