KBRN, Sumenep : Keinginan masyarakat Sumenep untuk segera memiliki pasar ternak modern tampaknya akan segera terwudjud, karena pemerintah provinsi Jawa Timur sudah mulai melakukan lelang terhadap pembangunan pasar  yang berlokasi di kecamatan Bluto.

Kepala Dinas Peternakan kabupaten Sumenep Arif Rusdi mengatakan, jika saat ini pemerintah provinsi jawa Timur sudah mulai melakukan persiapan lelang pembangunan pasar lebih di areal 2 hektar. Karena anggarannya dari pemerintah pusat maka yang melaksanakan lelang adalah pemerintah pusat sedangkan Sumenep menyiapkan lokasinya saja.

“Itu anggaran dari pemerintah pusat sekitar Rp 2,3 milyar sehingga yang melaksanakan tender atau lelang juga pemerintah pusat, dan saat ini sudah dalam di Provinsi Jawa Timur dan dalam waku dekat pemenang proyeknya segera diketahui,” terangnya, Kamis (8/5/2014).

Ditegaskan mantan Kadis Kehutanan dan Perkebunan ini, untuk lokasi sendiri akan ditempatkan di Desa Pekandangan Sangra, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, dengan luar areal 2,3 hektar, dan saat ini sudah selesai pembebasan lahannya tinggal pembenahan administarasi bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Kemarin sudah diukur bersama dengan Badan Pertanahan, tinggal pembenahan berkas saja,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang peternak asal Kabupaten Sumenep, Moh Ridwan, mengaku tidak sabar dengan adanya pasar modern tersebut, karena pasar tradional yang selama ini ditempati sudah dinilai tidak representatif dan cenderung macet. 

Pasar ternak modern tersebut nantinya akan dilengkapi dengan timbangan ternak, tempat tambat, ruang pemeriksaan kesehatan hewan, sehingga para pembeli akan mengetahu berat badan dan kesehatan hewan sebelum transaksi jual beli.

“Semoga tahun ini juga bisa terlaksana, karena di Pasar Bangkal sudah tidak mendukung. Apalagi nanti akan membuka pasar selama 24 jam,” pungkasnya, (Rasikin/HF)

Berat sapi adalah faktor utama untuk memperoleh keuntungan dalam penggemukan sapi, sehingga penimbangan menjadi hal yang penting untuk dilaksanakan secara berkala.

Manfaat Utama dari penimbangan sapi sebagai berikut:

  1. Mengkonfirmasi berat sapi yang akan dibeli
  2. Menentukan jumlah pakan yang akan diberikan
  3. Mengontrol kenaikan berat harian sapi sebagai bahan evaluasi pakan
  4. Menentukan harga jual sapi

Dengan menggunakan Timbangan Ternak Manual model pintu pagar memudahkan untuk mengukur berat badan hewan ternak dan Timbangan ini sangat berguna untuk mendapatkan hasil yang akurat dari penimbangan hewan tersebut untuk menghindari kerugian dari berbagai pihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.