Dinamakan Floor Scale atau timbangan lantai awal mulanya karena timbangan ini biasanya ditanam dilantai yang dibuat kolam, jadinya timbangan tersebut akan rata dengan lantai. Floor scale atau timbangan lantai didesain dengan strukut yang lebih kompleks dan lebih kuat agar dapat mengukur beban yang lebih besar daripada timbangan pada umumnya.

Oleh karena itu, Floor scale didukung dengan load cell tipe compression yang diposisikan diantara dua plat untuk menahan beban diatasnya. Jumlah dan karakteristik load cell yang disebarkan di bawah plat sangat menentukan kapasitas beban yang dapat diukur oleh timbangan jenis ini. Adapaun load cell yang disebar, diposisikan secara simetris di bawah plat sehingga berat beban yang diberikan tersebar merata pada masing-masing load cell. Hal ini diperlukan untuk memberikan informasi beban yang lebih akurat pada layar indicator. Namun hal tersebut tidak perlu dilakukan karena kini telah dibuat Floor Scale dengan spesifikasi dan dimensi yang lebih fleksibel.

Dari sekian banyak tipe Timbangan, Timbangan Lantai merupakan Timbangan dengan ukuran yang dimensinya jauh lebih besar dari Timbangan Lainnya, Timbangan Lantai / Platform Scale / Floor Scale bisa mencapai ukuran diantarnya : 1×1 meter, 1×1.5 meter, 1.5×1.5 meter, 1×2 meter,2×2 meter, 2.5×2.5 meter, 2×3 meter bahkan mencapai 5 x 10 meter. Memang Timbangan ini khusus diperuntukkan untuk menimbang diatas rata-rata 1000 kg ( 1 Ton ), Material Timbangan Lantai terbuat dari Besi Padat yang terdiri dari : Plat, H Beam, WF, Siku, Dll.Timbangan ini di ciptakan untuk kebutuhan Heavy Duty Industri.Sesuai dengan perkembangan jaman saat ini Timbangan Lantai sudah lebih simpel dan Efisien bahan baku, dengan menggunakan balok Loadcell sebagai alat sensor digitalnya Timbangan Lantai ini sudah dapat difungsikan dengan baik. Ada beberapa pilihan model untuk Timbangan Lantai.

Biasanya barang yang akan ditimbang di floor Scale ini adalah barang dengan beban berat. Barang tersebut dibawa dengan memakai kereta dorong. Jadi disitu karena timbangan rata dengan lantai maka kereta tinggal disorong ketempat timbang kemudian barang ditaruh ditimbang dan kereta keluar. Timbangan tersebut bisa dibuat dengan memenuhi permintaan pesanan dari pemakai.