Timbangan digital adalah salah satu alat timbangan yang memiliki sistem kerja secara elektronis yaitu dengan menggunakan listrik. Timbangan digital menggunakan arus lemah dan menggunakan angka digital pada layar tampilan yang dijadikan sebagai indikator.

Timbangan dirancang sedemikian rupa dengan fungsi tertentu pada setiap jenis timbangan. Anda perlu mengetahui bagian-bagian pada timbangan agar dapat menggunakannya dengan benar.

Pada umumnya, bagian penting timbangan digital terdiri dari tiga komponen untuk menunjang keakuratan berat suatu benda.

Pendeteksi Berat

 Bagian penting timbangan digital biasa disebut Loadcell atau sensor tekan. Dengan menempatkan sensor tekan tepat dibawah plat untuk menarauh benda, maka gaya tekan yang disebabkan oleh benda tersebut akan diubah menjadi sinyal yang akan diubah dalam bentuk angka pada indikator. Berat benda yang dapat diukur sangat bervariasi tergantung kapasitas beban timbangan tersebut.

Pemroses dan Display

Bagian pemroses dan display dapat disebut sebagai indikator. Sinyal yang dihasilkan oleh sensor penekan selanjutnya akan diproses hingga menunjukan digit angka, lalu ditampilkan pada layar timbangan. Pemroses dan display merupakan bagian penting timbangan digital karena Anda dapat mengetahui berat benda memalui bagian ini.

Catu Daya

Bagian penting timbangan digital yang terkahir adalah catu daya yang berfungsi untuk memberikan suplai tegangan pada timbangan agar dapat bekerja secara optimal dan akurat. Catu daya pada timbangan digital bervariasi antara lain berupa batu baterai, berupa listrik, dan listrik serta baterai.

Timbangan digital dilengkapi dengan kabel yang dapat disalurkan dengan stop kontak untuk menyalurkan energi listrik kepada timbangan digital. Untuk timbangan digital yang menggunakan catu daya baterai dan listrik, suplai daya juga berasal dari baterai atau tenaga listrik sebagai sumber dayanya.

Adapun kelebihan dari bagian penting timbangan digital berupa catu daya yang menggunakan baterai dan listrik yakni Anda tetap dapat menggunakan timbangan digital meskipun baterai telah habis atau listrik mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.