Shear beam yang biasa kita sebut sebagai sensor merupakan komponen yang digunakan untuk mengubah suatu gaya menjadi sinyal elektromagnet. Sensor ini menjadi sangat populer dalam bidangnya karena fungsinya yang memiliki berbagai jenis. Salah satu contoh yang paling umum adalah sebagai sensor pada timbangan digital.

Shear beam load cell memiliki prinsip utama yaitu sebagai alat uji tekan dan beban. Oleh karena itu Load Cell ini sering ditemukan pada suatu alat pengukur beban dengan berbasis digital.

 Pada timbangan digital, shear beam adalah komponen yang sangat penting. Apabila komponen ini tidak diikutsertakan pada rangkaian timbangan, maka timbangan digital tidak akan bisa bekerja. Karena dengan adanya sensor ini, angka pada layar indikator dapat terlihat, sebab gaya tekan yang diterima oleh shear beam akan diubah menjadi sinyal elektromagnet dan kemudian pada suatu rangkaian, maka angka akan muncul.

Tidak hanya untuk timbangan digital. Sensor ini juga dapat digunakan untuk berbagai pengujian yang mengandalkan aliran listrik. Seperti halnya untuk pengujian beban pada suatu benda atau pada suatu bangunan. Dengan adanya sensor ini maka kita akan mengetahui suatu ukuran atau kapasitas beban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.