Timbangan yang sudah beredar di masyarakat adalah timbangan digital, maka tidak jarang kita menemukannya diberbagai tempat terutama di pasar. Tidak lagi timbangan hanya berfungsi sebagai mengukur berat suatu benda, tetapi fungsi timbangan yang lainnya adalah untuk menentukan suatu harga suatu benda yang ditentukan oleh berat benda tersebut. Tidak lagi para penjual memerlukan waktu lama untuk menentukan harga barang, tetapi kini dalam waktu cepat bisa mengetahui harga barang tersebut.

Timbangan yang dimaksud adalah timbangan harga. Diimana kini dapat menghitung harga dan menambahkan hasil penimbangan dan harga layaknya kalkulator. Timbangan harga biasanya digunakan di minimarket ataupun supermarker. Barang yang biasanya ditimbang dan untuk menghitung harganya adalah berupa bahan manakan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, daging, ikan, telur, dan lain-lain.

Kelebihan yang ditawarkan oleh timbangan harga adalah alat timbang dan alat hitung dapat berfungsi pada satu alat. Berikut adalah kelebihan dari timbangan harga :

  1. Dapat mengitung harga
  2. Memudahkan dalam penentuan harga barang berdasarkan berat
  3. Mempercepat dalam perhitungan harga
  4. Mengurangi ketidak akuratan timbangan sehingga menimbulkan kesalahan harga
  5. Meminimalisir kerugian akibat kesalahan dalam proses penimbangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *