Timbangan bayi adalah alat yang dipergunakan untuk mengetahui berat bayi yang baru lahir. Awal mula timbangan bayi adalah dengan menggunakan timbangan dacin atau timbangan gantung manual, yaitu cara pemakaiannya dengan mengaitkan kain berupa ayunan kemudian bayi atau balita diletakkan pada kain tersebut.

Klinik, rumah sakit, dan juga posyandu adalah tempat yang biasa menggunakan timbangan bayi dalam aspek kesehatan. Karena timbangan ini sangat diperlukan untuk mengetahui data berat badan dari seorang bayi atau balita supaya memudahkan dalam pemantauan kesehatan pada tubuh anak tersebut.

Jika mengalami penurusan berat badan, maka anak tersebut terdapat gejala suatu penyakit yang tidak diketahui dengan jelas dan untuk mengantisipasi maka anak akan diperiksa oleh sang dokter. Jika mengalami kenaikan berat badan, maka dapat dipastikan kalau anak tersebut sehat dan terbebas dari penyakit.

Desain pada timbangan bayi dirancang khusus agar nyaman dalam penggunaan. Seperti yang kita ketahui bahwa sesungguhnya tubuh bayi yang baru lahir sangatlah sensitif terhadap benda apapun, maka dari itu timbangan ini memiliki bentuk yang berbeda dari timbangan pada umumnya.

Pada awal pemunculan timbangan bayi menggunakan sistem manual, namun kini telah hadir dengan sistim otomatis dengan indikator berupa jarum dan juga digital. Dengan munculnya sistem digital pada timbangan bayi dimaksudkan agar proses penimbangan dapat dilakukan dengan waktu yang singkat dan akurat.

Berikut adalah beberapa cara penggunaan dan perawatan terhadap timbangan bayi.

Lepaskan penyangga yang ada di dua sisi timbangan, pasang nampan dan skrup dengan kuat pada pertama kali timbangan digunakan. Letakkan di meja yang rata. Sebelum melakukan pengukuran putar knob ( berada di belakang ) untuk menyesuaikan index pada posisi “0” , dan kemudian berikanlah tekanan 1-2 kg beberapa kali. Jika index tetap pada posisi “0” maka timbangan dapat mulai dipergunakan.

Perawatan alat:

  • Tidak dianjurkan memutar knob melebihi batas maksimal dan minimal
  • Jangan sampai ada  kotoran atau noda pada kaca skala, bersihkan dengan menggunakan kain lembut dan jangan menggunakan air panas dan cairan organic.
  • Jangan diletakkan dekat api / panas dan jangan terkena sinar matahari langsung. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *