Timbangan digital merupakan alat elektrik yang dimanfaatkan buat menimbang berat,timbangan digital diciptakan dalam bermacam-macam ukuran serta warna serta terbuat dari berbagai bahan,timbangan Digital tidaksama dengan Timbangan kuno sebab Timbangan tersebut berguna berdasarkan prinsip teknologi sel beban di mana sel muatan elektronik mengukur muatan benda di dalam keadaan tertentu.

Setelah bobot diukur,ditransfer ke sinyal digital ataupun elektrik dan kemudian ditunjukkan ke format digital. Timbangan tersebut beredar dalam bentuk, merek, ukuran, serta format yang berbeda, serta biasanya hadir dengan baterai serta berat kalibrasi, bantalan timbangan, dan nampan. Timbangan digital, seperti setiap tipe produk yang lain, berbeda dalam harga serta kualitas.

Ada bermacam-macam jenis timbangan digital yang beredar di pasar dan Timbangan tersebut sudah dikelompokkn menurut fungsinya masing-masing.Timbangan telah dibawa ke level berikutnya dan bisa membuat perhitungan lain berbeda dari bobot badan.

Pada umumnya Timbangan satu tipe dapat difungsikan untuk kebutuhan lain juga,Timbangan telah dibawa ke level berikutnya dan bisa membuat perhitungan lain berbeda dari bobot badan. Timbangan ini dimaknai sebagai Timbangan pintar serta bisa menghitung kalori dan informasi nutrisi lainnya.

Macam-macam Jenis Timbangan Digital dan Penggunaannya

  • Timbangan Counting

Timbangan ini berfungsi untuk menghitung barang – barang kecil yang bila dilakukan akan memakan waktu. Semisal Baut dan Mur, Kancing, Tablet obat dll. Kerja timbangan ini adalah dengan menimbangkan sample dulu ketimbangan. Semisal 10 biji kancing. Selanjutnya berat kancing itu akan disimpan didalam memori timbangan itu untuk jumlah 10 kancing. Setelah itu berapapun kancing yang dimasukan kedalam timbangan akan bisa dihitung berat dan jumlahnya oleh timbangan tersebut.

  • Timbangan Hewan / ternak

Dinamakan timbangan ternak karena kegunaan timbangan ini untuk menimbang hewan ternak semisal sapi, kerbau, kambing dll. Perbedaan timbangan ternak elektronik dengan timbangan elektronik lain adalah adanya fungsi HOLD / PEAK HOLD disamping memang tempat timbangnya yang juga berbeda.

Fungsi HOLD adalah fungsi dimana bila didapat angka yang sering menunjuk maka angka tersebut otomatis berhenti dan mengunci. Sedang fungsi PEAK HOLD adalah sama dengan HOLD akan tetapi angka berhentinya pada saat timbangan mendapatkan angka tertingginya. Fungsi-fungsi ini diterapkan pada timbangan ternak karena bila hewan ternak ditimbang pasti akan bergerak-gerak terus. Bergeraknya benda diatas timbangan akan menyebabkan angka tidak bisa stabil.

  • Timbangan Lantai

Dinamakan timbangan lantai awal mulanya karena timbangan ini biasanya ditanam dilantai yang dibuat kolam, jadinya timbangan tersebut akan rata dengan lantai. Biasanya barang yang akan ditimbang di foor Scale ini adalah barang dengan beban berat. Barang tersebut dibawa dengan memakai kereta dorong. Jadi disitu karena timbangan rata dengan lantai maka kereta tinggal disorong ketempat timbang kemudian barang ditaruh ditimbang dan kereta keluar. Timbangan tersebut bisa dibuat dengan memenuhi permintaan pesanan dari sipemakai.

  • Timbangan Gantung/Crane

Dinamakan timbangan gantung karena system penimbangannya digantungkan ditimbangan tersebut.Jadi Timbangan tersebut tidak mempunyai platform tempat timbang. Beban yang akan ditimbang digantung langsung menarik Loadcell yang sudah menyatu dengan Indikatornya.

Timbangan ini seperti bench scale. Yang membedakan adalah Kapasitasnya lebih besar tidak adanya tiang penyangga. Dimensi tempat timbangpun akan jauh lebih besar. Biasanya Platform dari floor scale dibuat oleh pabrikan lokal untuk menekan biaya produksinya. Disini floor scale akan benar – benar membebaskan penggunanya untuk menentukan ukuran Platform yang cocok. Ukuran yang biasa dipesan adalah 1 x 1m, 1,2 x 1 m, 1,2 x 1,2 m, 1,5 x 1,5 m dll.

Timbangan yang di timbang dalam keadaan duduk atau sering kita ketahui Platform Scale. Timbangan Duduk sudah ada sejak zaman dahulu, timbangan duduk dulu dikenal dengan nama timbangan bebek karena bentuknya seperti bebek. Timbangan duduk yang ada di timbangan Indonesia ada dua jenis timbangan yaitu : timbangan duduk digital dan timbangan duduk analog.

  • Timbangan Badan

Timbangan Badan adalah timbangan untuk mengukur berat badan seseorang. Timbangan badan sangatlah berguna untuk keperluan data pribadi mengenai berat badan sendiri. Selain itu timbangan badan ini dapat digunakan untuk keperluan medis untuk data penimbangan berat badan seorang pasien di rumah sakit atau industri kesehatan lainnya. Timbangan badan ini memiliki akurasi yang sangat tepat sehingga dapat terhindar dari pengukuran berat badan yang salah.

  • Timbangan Laboratorium

Timbangan ini dipakai dilaboratorium. Biasanya dengan ketelitian yang cukup tinggi. Range yang dipakai antara 0,01 g sampai 0,0001 g. Timbangan Laboratorium di lengkapi dengan kaca penutup yang berfungsi untuk menghalangi angin pada saat melakukan penimbangan. Timbangan laboratorium ini biasa digunakan untuk bahan- bahan laboratorium seperti Zat kimia, obat- obatan, tepung , dan lain- lain.

  • Timbangan Hybrid

Timbangan Hybrid menggunakan display digital tetapi bagian paltform menggunakan plat mekanik, Timbangan Hybrid ini biasa digunakan untuk kondisi lapangan yang ekstrim. Timbangan Hybrid ini boleh dikatakan sangat heavy duty dibandingkan dengan timbangan jenis lain, karana kemampuan dan kapasitas yang lumayan besar membuat timbangan ini banyak di pakai untuk kepentingan industri komersial.

  • Analytical Balance

Timbangan analytical balance adalah kelas keseimbangan yang dirancang untuk mengukur massa kecil di kisaran sub-miligram. Panci pengukuran keseimbangan analitis (0,1 mg atau lebih baik) di dalam kandang transparan dengan pintu agar debu tidak mengumpulkan dan sehingga setiap arus udara di dalam ruangan tidak mempengaruhi operasi keseimbangan itu. Kandang ini sering disebut draft perisai.

Penggunaan mekanis vented kandang keselamatan keseimbangan, yang telah dirancang secara unik airfoil akrilik, memungkinkan kelancaran aliran udara turbulensi-bebas yang mencegah fluktuasi keseimbangan dan ukuran massa turun ke 1 mg tanpa fluktuasi atau kehilangan produk.Selain itu, sampel harus pada suhu kamar untuk mencegah konveksi alami dari pembentukan arus udara di dalam kandang dari menyebabkan kesalahan dalam membaca.

Keseimbangan substitusi mekanik pan tunggal mempertahankan respon yang konsisten di seluruh kapasitas yang berguna dicapai dengan mempertahankan beban konstan pada balok keseimbangan, sehingga titik tumpu, dengan mengurangi massa pada sisi yang sama dari balok yang sampel ditambahkan. Timbangan analytical balance mengukur gaya yang dibutuhkan untuk melawan massa yang diukur daripada menggunakan massa yang sebenarnya. Dengan demikian mereka harus memiliki penyesuaian kalibrasi dibuat untuk mengkompensasi perbedaan gravitasi.

  • Indikator Digital

Indikator Digital merupakan suatu aplikasi untuk indikator timbangan yang biasanya digunakan untuk perusahaan komersil baik itu digunakan untuk timbangan lantai maupun timbangan skala berat seperti timbangan truck. indikator menggunakan program dengan resolusi tinggi, sehingga data yang tampil lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *