Kegunaan timbangan digital yang paling banyak adalah untuk menimbang barang dagangan. Para penjual di Indnesia kini sudah banyak yang menggunakan timbangan digital untuk menghitung berat dari barang dagangannya. Dengan menggunakan timbangan digital hasil perhitungan sangat akurat dan presisi, sehingga kecurangan para pedagang akan semakin berkurang. Kemudahan yang diberikan oleh timbangan digital juga termasuk daya tarik yang membuat para pedagang lebih memilih timbangan digital.

Timbangan digital yang paling sering digunakan oleh para pedagang adalah tipe ACS-A karena timbangan ini sangat cocok untuk digunakan dengan kapasitas kurang dari 40 Kg. Customer yang membeli timbangan ini biasanya orang yang bergerak dibidang bisnis cuci kiloan (Laundry), pedagang buah, pedagang sayur, dan barang yang berhubungan dengan berat.

Fitur yang diberikan oleh timbangan ini adalah terdapat layar tampilan di depan dan di belakang, para konsumen pun dapat mengetahui jumlah berat barang yang ia beli dan juga sekaligus mengetahui nominal uang yang akan ia keluarkan.

Rincian singkat dari timbangan ini adalah dapat digunakan untuk menimbang benda dengan kapasitas maksimal 30 kg. Dilengkapi dengan plat yang lebar. Dari tipe tertentu, timbangan ini terbuat dari material stainless steel yang menjadikan timbangan ini kuat dan tahan lama. Terdapat pula timbangan yang tahan akan air sehingga sangat cocok digunakan untuk menimbang hasil laut berupa ikan dan sejenisnya. Tentu layar tampilan hasil penimbangan berupa LCD dengan lampu LED sehingga dapat dengan mudah untuk membaca hasil penimbangan. Power Supply yang digunakan untuk mengoperasikan timbangan ini berupa baterai dan juga aliran listrik.

Timbangan digital ini termasuk kedalam jenis timbangan counting dan timbangan harga. Disebut dengan timbangan counting dan timbangan harga karena timbangan ini dapat menjalankan perhitungan dari beberapa penimbangan dan juga dapat menampilkan harga disetiap penimbangan dilakukan. Timbangan ini juga paling banyak digunakan di supermarket dan juga minimarket, karena kecepatan dan keakuratan sangat dibutuhkan.

Apabila terjadi beberapa gangguan, maka lakukanlah kalibrasi dan tera ulang pada timbangan, ada perlunya untuk menggunakan jasa kalibrasi timbangan. Terdapat beberapa peraturan dalam menggunakan timbangan agar tidak terjadi kerusakan, yaitu seperti meletakkan pada tempat yang datar, jauhkan dari alat elektronik lainnya, hindarkan barang di atas timbangan dalam waktu lama dengan maksud tidak untuk menimbang, tempatkan pada ruangan yang sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung, dan bersihkan timbangan dari kotoran & debu.

Timbangan digital murah juga menjadi incaran para customer yang membutuhkan timbanga digital, karena dengan harga terjangkau maka akan memberikan keuntungan kepada customer dan akan mempengaruhi bisnis yang ia jalani kedepannya.

Timbangan digital yang tersedia adalah timbangan hewan ternak (dengan kerangkeng, portable, dan tanpa kerangkeng), timbangan lantai (floor scale), timbangan duduk (tersedia pula yang analog), timbangan badan, timbangan gantung (crane scale), timbangan platform, timbangan hybrid, timbangan counting, timbagan harga, timbangan laboratorium (analytical balance), timbangan saku, dan timbangan emas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.