Tahukah Anda. pada era ini timbangan truck atau Jembatan timbang menjadi kebutuhan primer dalam setiap industri. Mengapa demikian? Karena pada situasi saat ini dimana suatu industri melakukan proses penimbang muatan dalam jumlah besar, jembatan timbangan merupakan perangkat yang sangat penting.

BACA JUGA : Menimbang Beban Kendaraan Dengan Jembatan Timbang Demi Keselamatan Diperjalanan

Dikarenakan persaingan industri yang makin ketat dan pengaruh globalisasi, penggunaan timbangan heavy duty semakin meningkat.  sudahkah Anda tahu apa saja komponen komponen didalam jembatan  TImbang? Jika belum mari simak artikel di bawah ini

Apa itu Jembatan timbangan?

jembatan timbang adalah alat timbangan digital yang biasanya  digunakan untuk menimbang berbagai macam kendaraan angkut.

Apa fungsi dari jembatan timbangan itu sendiri ?

Biasanya jembatan timbang ini digunakan dalam transaksi finansial yang menggunakan nilai berat sebagai patokan. Juga digunakan pada sarana logistik dan transportasi demi keselamatan dan keamanan pengguna sarana transportasi dan juga demi pemeliharaan kondisi jalan.

Untuk komponen yang dipakai pada Timbangan pada umumnya terdiri dari beberapa komponen yaitu :

  • Pondasi

Pondasi jembatan timbang sama seperti pondasi pada umumnya yang biasanya terdiri dari cor beton besi bertulang, stross, tiang pancang(disesuaikan kondisi kepadatan tanah).

fungsi dari pondasi ini adalah untuk tempat berdirinya loadcell yang akan menopang platform jembatan timbang. jadi untuk pondasi jembatang timbang harus diperhatikan penuh dan teliti karna sangat berpengaruh terhadap linieritas penunjukan berat pada timbangan, dan sangat sulit juga untuk maintenant apabila terjadi kesalahan dalam pembuatan pondasi. ada 2 model untuk pondasi jembatan timbang yaitu model atas tanah  & model rata tanah 

  • Platform

Konstruksi platform jembatan timbang yang umum digunakan adalah menggunakan rangkaian besi UWF. untuk ukuran dan model disesuaikan dengan kapasitas maksimum yang diinginkan pengguna dan kondisi tempat lokasi.

  • Instrument elektronik
  1. Indicator

Indicator adalat alat yang digunakan untuk membaca dan mengetahui berat dari beban / truck yang ditimbang, alat ini terhubung dengan sensor / loadcell. Banyak sekali merk dan type indicator yang umum digunakan di pasaran. contoh merk indicator yang umum digunakan : AND, GSC, METTLER, CAS, EXCELLENT, SONIC, dll

2. Load cell

Loadcell atau tranduser adalah sensor tekan yang berfungsi untuk mengirim sinyal output (mv) ke indicator.

contoh loadcell yang banyak digunakan dipasaran :  Zemic, AND, KUBOTA, PT, MKcell, UScell, KEL

3. Junction Box

junction box berfungsi untuk ajusment output dari loadcell. jadi fungsi utama komponen ini adalah untuk meratakan output loadcell ke indicator.

  • OPTIONAL INSTRUMENT

instrument tambahan yang juga diperlukan pada jembatan timbang

1.     Software weighing management sistem

Fungsi dari software ini adalah untuk mempermudah user/operator dalam menjalankan tugas penimbangan. dalam software ini semua data penimbangan akan tersimpan dan ada beberapa jenis laporan yang tersedia. selain itu juga untuk membuat/mengeluarkan tiket timbangan.

2.    Komputer & printer 

 Perangkat keras (hardware) komputer untuk menonitoring

3.    External display

 Display tambahan untuk monitor bagi para sopir pengguna. Display tambahan ini terhubung dengan indicator yang letaknya ada di luar rumah timbang, penunjukan berat sama dengan penunjukan berat   yang ada di indikator.

4.    CCTV / Kamera

 Merekam dan Monitoring proses penimbangan.

BACA JUGA : Melihat Kembali Jembatan Timbang Yang Ada Di TPSP Bantar Gebang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.