Logistik adalah suatu sistem ilmu pengetahuan atau seni dalam melakukan proses penyimpanan, penyaluran dan pemeliharaan, dan penghapusan berbagai barang atau alat-alat terrtentu, yaitu tersediamnya suatu barang yang tepat pada waktu dan tempat yang tepat.

Untuk menjalankan proses kerja pada bidang logistik tentunya kita harus menimbang barang agar berat suatu barang bisa terkontrol. Oleh karna itu bidang logistik wajib memiliki berbagai macam timbangan  seperti timbangan forklift, timbangan pos ( timbangan duduk, timbangan gantung, timbangan harga ), timbangan paket dinamis, pengukur dimensi palet dan paket, dan jembatan timbang.

Timbangan menjadi alat yang sangat penting dan wajib dimiliki oleh bidang logistik. Karena  semua yang dikerjakan pada bidang logistik rata-rata menggunakan berbagai macam timbangan untuk menimbang berat barang yang ada di jasa kurir ( JNE, TIKI, POS, KARGO, DHL, TNT, Fedx, DLL ).

Timbangan yang di gunakan untuk menimbang barang pun berbeda-beda sesuai dengan berat dan ukuran barang. contohnya di logistik  mereka menggunakan timbangan harga yang maksimal menimbang sampai 30KG, timbangan duduk apabila barang berukuran besar dan diatas 30kg dan maksimal sampai 600KG, dan jika beratnya melebihi 600kg bisa di timbang dengan menggunakan timbangan lantai yang mampu menimbang sampai 10 ton dan memiliki ukuran timbangan yang besar.

Apabila bobot barang lebih dari 10 ton bisa menggunakan jembatan timbang. Jika ada truck yang ingin keluar dari gudang logistik wajib untuk di timbang bobot pada truck tersebut demi menjaga keselamatan

Dan itu lah berbagai macam timbangan yang biasa digunakan di logistik. Hamper seluruh pekerjaanya menggunakan timbangan.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *