Kita semua pasti sudah tidak asing dengan yang namanya timbangan. Karena timbangan hampir bisa di temukan di berbagai tempat. Namun setiap timbangan mempunyai spesifikasi tersendiri yang di pakai pada tempat tempat tertentu seperti Dapur.

Sejak dulu timbangan mempunyai peranan penting di dalam dapur seperti digunakan untuk menimbang bahan bahan masakan dan berbagai macam bumbu. Tidak semuanya loh bahan masakan ditimbang dengan satuan kilogram. Terkadang kamu hanya memerlukan beberapa gram gula, gram, dan berbagai bumbu lainnya untuk masakan Anda.  

Inilah Timbangan dengan spesifikasi yang cocok di pakai pada tempat  Anda :

1. Memilih kapasitas bobot timbang sesuai dengan kebutuhan Anda

Kenapa harus sesuai dengan kebutuhan Anda? Karena timbangan digital memiliki batasan berat timbang yang dapat diukur. Jadi ketika kamu ingin membeli timbangan harus teliti.

Umumnya, timbangan dapur dengan batasan berat 1-2 kg dianggap sudah cukup. Namun, jika Anda hendak membuat makanan dalam jumlah banyak, sebaiknya Anda memakai timbangan dapur digital berkapasitas 3 kg keatas.

2. Timbangan dengan keakuratan Tinggi, ketelitian hingga 0,1 g

Berikutnya, tentukan satuan terkecil yang Anda inginkan pada timbangan dapur digital Anda. Apabila Anda menginginkan hasil pengukuran yang lebih akurat, pilihlah timbangan dengan ketelitian 1 g hingga 0,1 g. Meski harganya sedikit lebih tinggi, timbangan ini kami sarankan untuk Anda miliki.

Apabila Anda menimbang bahan seberat 100 g atau 200 g, selisih 1 g memang bukan masalah. Namun, jika Anda menimbang bahan seberat 2 g menggunakan timbangan dengan satuan 1 g, hasilnya akan kurang akurat. Dalam kasus tersebut, rentang berat dari 1,5 g hingga 2,4 g akan terdeteksi sebagai 2 g, padahal selisihnya cukup jauh.

Untuk menghitung berat bumbu dan bahan dapur yang menuntut keakuratan pengukuran, gunakanlah timbangan dengan ketelitian hingga 0,1 g.

3.  Pertimbangkan yang mudah disetel ke angka nol

Sering kali Anda meletakkan wadah plastik atau kaca di atas timbangan saat menimbang bahan. Dalam hal ini, kemudahan untuk menyetel timbangan ke angka nol menjadi poin penting. Pada keterangan produk, fitur ini biasanya ditulis sebagai tare function.

Beberapa orang mungkin tidak masalah jika harus mengurangi berat wadah secara manual. Namun, tare function bukan hanya menghilangkan berat wadah, tetapi juga memudahkan Anda menambahkan berat makanan tambahan lainnya secara lebih efisien. Karena itu, pertimbangkan timbangan dapur digital yang memiliki fitur ini.

4.  Pilih yang tahan air dan mudah dibersihkan

Walaupun sudah dijaga dengan hati-hati, terkadang timbangan digital mudah kotor karena sering digunakan. Karena itu, timbangan digital yang mudah dibersihkan tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri.

Sebagian besar produk elektronik mungkin memang tidak bisa dicuci atau dibersihkan secara menyeluruh. Jadi, usahakan untuk memilih bentuk timbangan yang dapat mencegah debu atau serbuk masuk ke bagian dalamnya.

Saat ini, timbangan stainless steel yang lebih mudah dibersihkan dan juga tahan air telah banyak dijual di pasaran. Jika memungkinkan, pilihlah timbangan dapur digital yang tidak hanya unggul dari segi keakuratan, tetapi juga mudah untuk dibersihkan

5. Timbangan yang ramping dan hemat ruang penyimpanan lebih direkomendasikan 

Tidak seperti timbangan dapur analog yang ukurannya cenderung tebal dan besar, timbangan dapur digital lebih praktis untuk disimpan.

Bentuknya yang ramping membuat timbangan digital tidak memerlukan tempat besar untuk menyimpannya. Anda pun akan sangat dimudahkan karena bisa menyimpannya di dalam laci lemari dapur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *