Timbangan merupakan alat yang digunakan untuk pengukuran massa atau berat suatu benda. Dari beberapa tipe dari timbangan yakni timbangan saku atau pocket scale. Timbangan saku adalah timbangan yang ukurannya kecil dan mudah dibawa kemana saja.

Selain ukuranya yang mini, kapasitas dari timbangan saku ini juga kecil yaitu 500gram dan memiliki ketelitian yang sangat teliti dan akurasi yang tepat. Sehingga tidak sedikit orang yang tidak ragu lagi mempercayakan timbangan saku untuk mengetahui material logam mulian kecil seperti emas, berlian, perak dan intan.

Menghitung berat emas merupakan salah satu fungsi dari timbangan saku. Karena itu banyak orang lebih mengenal timbangan saku menjadi timbangan emas. Fungsi dari timbangan saku bukan hanya untuk menghitung berat dari produk emas saja. Timbangan saku juga dipakai untuk menghitung material kecil seperti obat-obatan, rubi dan giok. Selain mengukur benda padat keras, timbangan saku juga berguna untuk mengukur benda-benda halus seperti tepung atau bumbu-bumbu bubuk.

Penggunaan timbangan saku sangat sederhana. Penggunaanya cukup dengan menekan tombol on, lalu tunggu angka stabil di 0,00. Untuk kalibrasi timbangan saku cukup ditempatkan di tempat yang datar dan rata. Hasil dari penghitungan akan tampil di LCD display.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.