Dengan beragamnya aneka jenis dan model timbangan digital, terkadang kerap kali membuat kita merasa bimbang dalam menentukan pilihan timbangan manakah yang paling cocok untuk kebutuhan kita.

Banyak orang yang beranggapan bahwa semakin teliti atau semakin besar kapasitas timbangan berarti semakin baik, Anggapan ini tidak salah, walaupun tidak selamanya betul, dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Ada pula orang yang menyesuaikan pembelian timbangan sesuai dengan budget yang dimiliki, sehingga mengorbankan kriteria yang seharusnya dipertimbangkan seperti ketelitian, kapasitas maksimum, dan lainnya.

Hal ini merupakan suatu kesalahan, karena pada akhirnya timbangan tersebut tidak dapat digunakan atas faktor ketidak sesuaian dengan kebutuhan. 

“The best scale should base on your needs not on your budget.”.

Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat anda memutuskan untuk membeli timbangan :

Kapasitas

Berapa berat maksimum barang yang akan ditimbang?, Semakin besar kapasitas, biasanya lebih baik, akan tetapi hal ini berkaitan pula dengan resolusi timbangan, karena semakin besar kapasitas, maka resolusi timbangan akan semakin kasar.

Sebaiknya anda menggunakan timbangan yang memiliki kapasitas maksimum sedikitnya 30 % lebih besar dari berat maksimum barang untuk menghindari kerusakan yang diakibatkan oleh over load.

Ketelitian

Berapakah ketelitian timbangan yang anda perlukan? Semakin teliti timbangan semakin baik, akan tetapi ketelitian yang tinggi dan kapasitas yang besar mengakibatkan harga menjadi mahal, sehingga sesuaikan ketelitian timbangan dengan kebutuhan anda.

Ukuran platform atau pan

Anda harus mengetahui ukuran maksimum barang yang akan ditimbang, karena bila ukuran barang tersebut melebih platform/ pan timbangan, maka dapat mengakibatkan timbangan tidak stabil.

Bila ukuran platform/ pan lebih besar dari barang yang ditimbang tidak masalah

>> Ukuran platform timbangan harus lebih besar dari barang yang ditimbang.

Lingkungan 

kebanyakan timbangan didesain untuk digunakan di lingkungan normal yang tidak terlalu panas, dingin, lembab, basah dan lainnya. Bila anda perlu menggunakan timbangan untuk lingkungan yang tidak normal, anda dapat menanyakan ke bagian penjualan untuk menemukan timbangan yang cocok untuk lingkungan ekstrim tersebut.

Jenis barang yang ditimbang

Selain faktor lingkungan, anda harus pula mempertimbangan jenis barang yang anda timbang, karena barang yang ditimbang dapat mengakibatkan kondisi normal tidak tercapai.

Anda harus memperhatikan apakah barang yang anda timbang perlu perlakuan khusus, barang-barang seperti cairan, tepung, korosif material, barang yang panas perlu menggunakan timbangan yang sesuai agar masa pakai timbangan lebih lama.

Penggunaan timbangan untuk fungsi yang lebih lanjut 

Kebanyakan orang menggunakan timbangan hanya untuk menimbang, padahal timbangan dapat pula digunakan untuk fungsi-fungsi lainnya seperti :

  • Counting scales, menghitung jumlah barang
  • Filling machine
  • Checkweigher / Timbangan Cek
  • Batching / Timbangan Batching
  • Bagging / Timbangan Bagging
  • Weigh Feeder
  • Belt Scale / Timbangan Konveyor
  • Timbangan Packing / Packing Scale
  • Mencetak data berat setiap selesai menimbang
  • Menyimpan hasil penimbangan ke database
  • Berkomunikas dengan komputer untuk mengirim data timbangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.