JAKARTA, KOMPAS.com – Wadah makanan, baik yang berbahan plastik, kaca, atau stainless steel, adalah benda yang sangat penting dimiliki. Wadah ini serbaguna, bisa menyimpan sisa makanan di kulkas atau sebagai kotak bekal.

Pun wadah makanan harus dicuci dengan benar sebelum digunakan, untuk menjamin daya tahannya. Sebab, beberapa jenis wadah bisa bertahan hingga berbulan-bulan atau bahkan tahunan. Namun demikian, wadah makanan apa yang terbaik, apakah plastik, kaca, atau stainless steel? Dilansir dari Martha Stewart, Sabtu (30/1/2021), berikut penjelasannya.

Wadah makanan plastik

Soal daya tahan, wadah makanan plastik paling mudah terlihat usang, serta mudah menyerap bau dan noda makanan. “Penting untuk melacak berapa lama Anda memiliki wadah plastik, karena bahan kimia dapat ‘bocor’ keluar dari plastik saat memanas,” kata Leanne Stapf, Direktur Operasional The Cleaning Authority.

Tanda yang jelas bahwa sudah waktunya untuk membuang wadah plastik adalah jika wadah tersebut retak, berubah warna, atau berubah bentuk. Jika Anda memiliki wadah plastik yang tidak bebas BPA, Anda mungkin harus membuangnya juga.

Studi menemukan bahwa Bisphenol A, atau BPA, adalah senyawa pengganggu endokrin, yang dapat mengganggu fungsi hormon normal dalam tubuh.

Tergantung pada bahannya, wadah plastik mungkin perlu dicuci dengan tangan. “Meskipun sebagian besar barang plastik aman untuk mesin cuci piring, pastikan untuk membaca semua labelnya. Beberapa plastik dapat melengkung karena suhu tinggi,” ujar Stapf.

Wadah makanan kaca

Kaca merupakan pilihan yang jauh lebih ramah lingkungan, aman, dan tahan lama dibandingkan wadah plastik.

Menurut OXO, wadah makanan kaca harus diganti untuk alasan keamanan jika pecah. Sifat wadah kaca yang berat juga berarti bahwa wadah tersebut lebih cocok untuk menyimpan sisa makanan di kulkas atau freezer daripada digunakan sebagai wadah makanan untuk dibawa.

Lihat Foto Ilustrasi wadah plastik. (PEXELS/KATERINA HOLMES)

Wadah makanan stainless steel

Stainless steel semakin populer sebagai wadah penyimpanan makanan karena sifatnya yang ramah lingkungan. Namun, kelemahan wadah stainless steel adalah tidak transparan, sehingga Anda tidak dapat melihat isinya.

Selain itu, wadah stainless steel tidak bisa masuk ke dalam microwave atau oven. Namun, bahan ini tahan bau sehingga rasa dan bau dari makanan yang kuat tidak akan menembus logam. Wadah ini juga sangat tahan lama, ramah lingkungan, dan aman untuk mesin cuci piring, sehingga memudahkan pembersihan.

Wadah stainless steel mungkin akan menunjukkan bekas lecet atau goresan, namun tidak akan memengaruhi kinerja wadah. Dengan perawatan yang tepat, wadah stainless steel akan baik digunakan selama bertahun-tahun.

SUMBER : Wadah Makanan Plastik, Kaca, dan Stainless Steel, Mana yang Terbaik? Halaman all – Kompas.com


Stainless steel memiliki kualitas yang berbeda pastikan anda mendapatkan produk Nampan Stainless 5 Lubang + Tutup dan perlengkapan dapur lainnya hanya di jayastainless.com. Hubungi kami melalui email di bumata@gmail.com atau chat Whatsapp kami di 081310045708, 081574972709, 087881743863, 081380545127, 081517798715.

Kami menjual aneka pilihan nampan makanan dari bahan stainless maupun melamin. Salah satunya Nampan makan stainless 5 lubang dengan pilihan tutup plastik maupun tutup stainless. Nampan ini banyak di gunakan dalam rumah sakit, kanten maupun pesantren.

Nampan stainless food grade, “tahan karat & aman untuk makanan”

  • Nama : Nampan Stainless 5 Lubang + Tutup
  • Pilihan : Tutup Stainless/ Plastik
  • Material : Stainless steel Food Grade
  • Ukuran : P28,5 x L22,5 x T5 cm
  • Berat : Body 450 Gram & Tutup 270 Gram

Cuma di Jaya Stainless anda bisa order berbagai peralatan stainless dengan desain dan ukuran custom, beli makin banyak nampan stainless di tempat kami juga makin murah ! Tunggu apa lagi, buruan negosasikan harga barang yang anda mau sebelum kehabisan. Selain nampan stainless, kami juga menjual nampan melamin khusus “food grade” yang telah umum digunakan pada rumah sakit, pabrik dan hotel.

Lihat juga video nampan di bawah ini

Tags : nampan stainless steeltatakan makanan stainlessnampan stainless sterilnampan food gradenampan tahan karatnampan plato rumah sakitnampan rumah sakit stainlessnampan makanan stainlessnampan melamin food gradenampan melamin rumah sakitnampan makanan pasien.

Related products

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *