Rumah hanyut saat banjir. (Sumer gambar: restoration1.com) 

Potensi banjir 2021 kembali membayangi. Kekhawatiran makin muncul karena hujan dengan intensitas cukup tinggi masih berlangsung. Apalagi kalau rumah kamu berada di area proyek pembangunan, dekat sungai, bekas sawah, atau mata air. 

Air yang merembes atau langsung masuk mengalir bisa bikin banjir. Begitu surut, pekerjaan besar lainnya tengah menunggu untuk dikerjakan, yaitu membersihkan rumah dan berbagai perabotan di dalamnya. 

Nah ini dia yang jadi masalah. Banjir ternyata menyebabkan perabotan cepat rusak dan tidak awet. Lantas bagaimana meminimalisasinya mumpung masih awal tahun 2021?

Gunakan Bahan Kayu Jati
Meskipun berat, bahan kayu jati terbukti kuat dan kokoh menghadapi perubahan cuaca. Materialnya pun membuat perabotan sangat awet hingga berpuluh tahun. 

Kamu bisa pakai rak, lemari, kursi, meja, hingga dipan tempat tidur. Jangan lupa lapisi perabotan tersebut dengan cat kedap air supaya lebih tahan lama. 

Pakai Kayu Plywood
Jenis kayu ini punya tingkat kerapatan yang kuat dan halus, sehingga kamu nggak perlu khawatir nantinya menyerap air. Supaya lebih bergeming, pastikan perabotan berbahan kayu plywood kamu dilapisi kulit kayu jati, sungkai, atau nyatoh ya! 

Berdayakan Furnitur Berbahan Plastik
Tak hanya ringan dan harganya terjangkau, bahan plastik juga bakal awet jika kamu rajin merawatnya. Kamu bisa aplikasikan ke beberapa furnitur rumah tangga seperti kusen pintu atau lemari. 

Manfaatkan Bahan Alumunium
Enggan pakai bahan kayu atau plastik? Kamu bisa coba bahan alumunium lho. Dari meja tamu, meja rias, meja makan, kursi santai, hingga kursi ruang makan. 

Biar makin tangguh, kamu bisa menyemprotkan pernis atau serlak berbahan spray ke permukaan perabotan. Caranya hanya tinggal semprot dan jangan disentuh dulu selama 24 jam. 

Pakai Bahan Stainless Steel
Sifatnya yang anti karat membuat perabotan berbahan stainless steel tahan banting ketika terendam air. 

Sekarang banyak lho perabotan seperti ranjang dan kursi serta meja makan berbahan stainless steel. Nggak hanya tahan air, barang berbahan ini pun bisa sekaligus bikin rumahmu bernuansa industrial. 

Pasangkan Kaki-Kaki Roda untuk Perabotan Berukuran Besar
Kulkas, lemari, hingga sofa yang besar bakal kurang praktis jika harus diangkat secara mendadak. Keberadaan kaki-kaki roda akan memudahkan berbagai barang besar dan berat saat harus segera dipindahkan. Bahkan menghindarkannya dari sentuhan air secara langsung. 

Gunakan Pelindung Kedap Air
Terutama untuk berbagai perabotan yang di dalamnya memakai bahan seperti spons. Bahan tersebut cepat menyerap air, sehingga barang seperti sofa atau kasur bisa lebih cepat rusak.

Penggunaan pelindung kedap air akan memudahkan kamu membersihkan perabotan tersebut dan menjaga isinya tetap kering. 

***

Sebenarnya banjir nggak sepenuhnya disebabkan oleh hujan. Manusialah yang mengundangnya datang.  

Hujan terjadi karena fenomena alam dan begitulah siklus ini bekerja. Air hujan yang turun melimpah tak bisa dicegah dan dihentikan sesuai kehendak kita. 

Kita sebagai makhluk yang menumpang hidup di alam mestinya lebih tahu diri dan menjaga keseimbangan lingkungan.

Betapa alam sudah menyediakan segala kebutuhan kita dari lahir hingga mati. Seyogyanya kita juga memelihara kelestariannya sebagai aksi timbal balik kepada alam. 

Hanya perlu renungan dan refleksi duru saja sih sebenarnya. 

Pernahkah kita memikirkan kemana sampah yang setiap hari kita hasilkan? Sudahkah kita melakukan pemilahan sampah secara disiplin? 

Sudikah kita mengantongi sementara sampah di tas dan saku celana sebelum ketemu tong sampah? 

Apakah kita selalu bawa tumbler, kotak makan, dan sedotan sendiri? Kapan terakhir kali kita menolak kantong kresek dan kemasan plastik sekali pakai?

Mungkinkah kita menempati hunian yang sebenarnya daerah resapan air? 

Jadi jangan pernah lagi menyalahkan hujan untuk musibah banjir yang menimpa kita. Mari refleksi diri sendiri atas apa yang selama ini telah dilakukan.

Bencana alam adalah pertanda kita belum berbuat bijak secara maksimal kepadanya. Sadarilah bahwa segala petaka dan musibah yang terjadi adalah murka alam, sehingga ia membuat peringatan.

***

Hanifa Paramitha

SUMBER : Waspada Banjir, Berikut Perabotan Rumah Tangga Tahan Air, Mana yang Kamu Punya? Halaman all – Kompasiana.com


Promo pembelian Wastafel stainless

Mau Order Meja cuci tangan & piring (wastafel stainless) dengan desain dan ukuran khusus atau Wastafel keran sensor ? Hubungi kami melalui email di bumata@gmail.com chat Whatsapp kami di 081310045708, 081574972709, 087881743863, 081380545127.

Meja cuci tangan & bak cuci piring 100% stainless steel 

Temukan aneka desain wastafel stainless unik dan elegan dengan berbagai ukuran, anda juga dapat mengorder wastafel dengan desain dan ukuran custom sesuai kebutuhan. Kami juga menawarkan stainless equipment untuk dapur lainnya seperti tempat sampah stainless, cabinet stainless, meja cuci ikan, bak thawing, meja dapur, rak stainless, troli stainless, refrigerator stainless, exhaust hood, grease trap stainless dan produk alat dapur lainnya. Hubungi Telp. 0218613346 , 021 8601862, 021 86604702, 02186604409.

Selain itu kami juga menerima pembuatan Sink dan piring (wastafel) dengan model dan ukuran khusus sesuai keinginan, dapat mengirimkan gambar atau contoh wastafel stainless ke alamat email kami di bumata@gmail.com atau nomor Whatsapp 081574972709, 087881743863, 081380545127, 081310045708,  081517798715

Video “meja cuci piring stainless steel”

Tags : wastafel stainlesswastafel cuci tanganwastafel cuci piringwastafel kamar mandiwastafel portable stainlesstempat cuci tangantempat cuci piringbak cuci piringbak piring stainlessbak cuci piring stainlessmeja sinkbowl sink stainlessbak cuci piring stenlesstainless steel kitchen sinkstainless sinkhand wash sinkdish wash sinkbathroom sinkportable stainless sinkhand sinkkitchen sinkstainless steel sinkstainless sinkcountertop sinksink stainless plate, Perabotan rumah tangga, Perabotan rumah tangga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.