Sampah di Pasar Sipon, Cipondoh, Kota Tangerang. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)

Tangerang – Sampah mencemari sungai Irigasi Sipon di Pasar Sipon, Cipondoh, Kota Tangerang. Agar lingkungan lebih bersih, pedagang pasar mengusulkan adanya tong sampah bersama di antara lapak-lapak mereka.

Seorang pedagang ikan hias di Pasar Sipon bernama Lutpi mengaku masih sering melihat orang yang membuang sampah sembarangan. Akibatnya, sampah menjadi berserakan di mana-mana. Meski begitu, mobil pengangkut sampah juga sudah rutin datang, tiap tiga hingga empat kali sehari.

“Kalau pagi emang bersih, cuma kan kalau sudah siang pasti pada buang-buang lagi kan. Cuma mobil ngangkut pagi,siang, sama sore 3 kali,” ujar Lutpi di Pasar Sipon, Jl Irigasi-Sipon, Cipondoh, Kota Tangerang, Jumat (8/1/2021).

Jika ada tempat sampah seperti tong yang memadai, maka sampah tidak akan terlihat acak-acakan. Lutpi berharap ada tong sampah yang ditempatkan di beberapa titik di pasar dengan jarak 2 sampai 3 lapak. Tong sampah akan membuat orang-orang tidak melempar segala barang tak berguna ke mana-mana, termasuk ke sungai.

“Kayak tong-tong harus diadain ya, jadi enak, nggak terlalu acak-acakan sih. Ya lapak itu perlu ada tong sampah, ya nggak tiap lapak lah, tapi per dua atau tiga lapak ada tong sampah buat narik khusus ya, enaknya kayak gitu, lebih bagusnya, jadi sampah nggak ceceran ke mana-mana,” pungkas Lutpi.

Pantauan detikcom di lokasi, tong-tong sampah seperti yang diinginkan Lutpi memang belum tersedia.

Selanjutnya, kata pengelola pasar:

Pengurus Pasar Sipon bernama Darma menjelaskan, masalah sampah di Pasar Sipon disebabkan karena pasar ini tidak punya bank sampah. Namun dia berpendapat kondisi kebersihan di pasarnya belum parah.

“Di sini nggak parah, kalau parah kan berserakan, bisa dilihat, dari mulai kalinya semuanya bisa dilihat. Kalau di tempat-tempat lain bapak bisa lihat di pinggir jalan seperti apa,” kata pengurus Pasar Sipon Darma.

Darma menjelaskan kalau pihak pengelola pasar sudah melakukan upaya pembersihan sampah secara teratur. Sampah yang dikumpulkan oleh petugas kebersihan akan dibuang setiap pagi hari.

“Ada semuanya, cuma kalau pagi semua sudah diangkut pakai mobil. Sore nih nanti jam 4 sore nyapu, jam 4 sore ditampung semua sama tukang sapu, dikumpulin pakai gerobak ditaruh satu titik, nanti jam 6 pagi atau subuh itu sudah diangkut,” ujar Darma.

Sampah di Pasar Sipon, Cipondoh, Kota Tangerang. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)Sampah di Pasar Sipon, Cipondoh, Kota Tangerang. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)

Darma menambahkan, akan memperingatkan orang yang membuang sampah sembarangan. Pihaknya juga selalu memberikan himbauan terkait penertiban sampah di Pasar Sipon.

“Ya kalau buang sampah sembarang nggak, kan kita kasih peringatan terus, dikasih imbauan terus,” ungkap Darma.

SUMBER : Agar Sungai Bersih, Pedagang Pasar Sipon Tangerang Minta Ada Tong Sampah (detik.com)


Material pembuatan tempat sampah memiliki kualitas yang berbeda, pastikan anda mendapatkan produk tempat sampah fiberglass, tong sampah plastik HDPE, dan tempat sampah stainless dengan kualitas terbaik. Order cepat via email di bumata@gmail.com atau chat Whatsapp kami di 081310045708, 081574972709, 087881743863, 081380545127.

Tong sampah fiberglass –  tong sampah plastik hdpe custom logo

Jaya Stainless menjual tempat sampah fiberglass dan tempat sampah plastik HDPE dengan berbagai pilihan desain seperti tong sampah fiber dan tong sampah plastik HDPE tutup cembung, model organik dan non organik standar dengan sistem penggunaan roda, gantung 2in1 – 3in1 dan lebih sesuai keinginan konsumen. Hubungi kami melalui email di bumata@gmail.com atau Telp kantor di 0218613346 , 021 8601862, 021 86604702, 02186604409.


Tags : tong sampah 3 in 1tempat sampah tamantempat sampah DKItempat sampah rodatempat sampah gantungtempat sampah fiber gesertong sampah plastiktong sampah HDPEtong sampah fiber HDPEtong sampah fiber tutup swingtong sampah fiber dinas kebersihantong sampah petugas tamantong sampah halamantong sampah besartong sampah pilahbak sampah fiberbak sampah terbukabak sampah plastik HDPE3 in 1 garbage binsgarden binsDKI binswheel binshanging binsfiber sliding binsplastic binsHDPE binsHDPE fiber binsfiber swing lids trash binscleaning service fiber binspark attendant binsyard bins, large binssorting binsfiber binsopen binsHDPE plastic bins

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *