Tempat Cuci Tangan atau wastafel menjadi barang yang wajib ada di setiap tempat disaat Pandemi Covid-19 ini.

Foto: Dokumentasi Pribadi


Hal ini yang kemudian mendorong Masyitoh Putri Rangkuti mahasiswa praktikum II Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP USU di bawah bimbingan ibu Dra. Berlianti, MSP., yang melaksanakan praktikum di Panti Asuhan Al-Marhamah, Jl. Garuda No.2, Sei Sikambing, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan memiliki ide untuk menciptakan tempat pencucian tangan portabel atau praktis karena bisa dipindah-pindahkan serta tak banyak memakan tempat.

Melalui hasil observasi dan assessment yang dilakukan pada masa praktikum sejak akhir September 2020 anak-anak di Panti Asuhan Al-Marhamah belum memahami tata cara mencunci tangan yang benar, dan di panti asuhan tersebut belum tersedia tempat cuci tangan selama pandemi Covid-19 ini oleh karena itu praktikan melakukan inovasi dengan membuat tempat cuci tangan portabel serta mengajarkan 6 langkah cara mencuci tangan sesuai anjuran WHO di panti tersebut.

Tempat Cuci Tangan itu terdiri dari sebuah galon yang memiliki keran air dan corong yang dilengkapi pipa fleksibel, serta tempat sabun. Galon serta corong tersebut ditempatkan dalam sebuah rangka besi. Ketika mencuci tangan maka air bekasnya akan mengalir melalui pipa fleksibel tersebut ke bawah. Poster 6 langkah cuci tangan yang baik dan benar menurut WHO juga sudah dibuatkan agar anak-anak panti lebih paham cara mencuci tangan yang benar.

dok. pribadi
  • dengan cara memberitahu apa itu Covid-19, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, mensosialisasikan cara-cara mencegah Covid-19 salah satunya dengan mengajarkan tata cara mencuci tangan dengan sabun yang baik dan benar.
  • Membuat alat dan bahan, pembuatan corong dan pipa fleksibel dilakukan secara bersama-sama dengan anak-anak di Panti Asuhan Al-Marhamah dengan tujuan untuk menambah kreatifitas anak.
  • Melakukan praktik mencuci tangan 6 langkah dengan sabun, praktik mencuci tangan ini dilakukan secara bergilir oleh anak-anak dengan cara mengantre untuk memastikan apakah mereka benar-benar sudah paham.

Selama kurang lebih 3 bulan melakukan praktikum terdapat dampak bagi anak-anak yaitu pemahaman akan bahaya Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan, setelah selesai melakukan suatu kegiatan, sebelum dan sesudah makan, serta setelah menyentuh benda-benda mereka selalu mencuci tangan 6 langkah dengan sabun, mereka juga sudah mampu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan selalu membersihkan pekarangan panti, juga terdapat manfaat kesehatan bagi anak-anak di panti dengan hidup lebih teratur.  

Terminasi dilakukan dengan cara mengadakan acara perpisahan kecil-kecilan dengan anak-anak di panti, mereka juga mengucapkan terimakasih kepada mahasiswi yang telah mengajarkan mereka berbagai bermacam hal.

“Semoga anak-anak di Panti Asuhan Al-Marhamah dapat menerapkan PHBS tidak hanya selama masa pandemi Covid-19 tetapi juga untuk masa selanjutnya.” Ucapnya.

SUMBER : Cegah Covid-19, Mahasiswa Praktikum II IKS FISIP USU Ciptakan Tempat Cuci Tangan Halaman all – Kompasiana.com


Promo pembelian Wastafel stainless

Mau Order Meja cuci tangan & piring (wastafel stainless) dengan desain dan ukuran khusus atau Wastafel keran sensor ? Hubungi kami melalui email di bumata@gmail.com chat Whatsapp kami di 081310045708, 081574972709, 087881743863, 081380545127.

Meja cuci tangan & bak cuci piring 100% stainless steel 

Temukan aneka desain wastafel stainless unik dan elegan dengan berbagai ukuran, anda juga dapat mengorder wastafel dengan desain dan ukuran custom sesuai kebutuhan. Kami juga menawarkan stainless equipment untuk dapur lainnya seperti tempat sampah stainless, cabinet stainless, meja cuci ikan, bak thawing, meja dapur, rak stainless, troli stainless, refrigerator stainless, exhaust hood, grease trap stainless dan produk alat dapur lainnya. Hubungi Telp. 0218613346 , 021 8601862, 021 86604702, 02186604409.

Selain itu kami juga menerima pembuatan Sink dan piring (wastafel) dengan model dan ukuran khusus sesuai keinginan, dapat mengirimkan gambar atau contoh wastafel stainless ke alamat email kami di bumata@gmail.com atau nomor Whatsapp 081574972709, 087881743863, 081380545127, 081310045708,  081517798715

Video “meja cuci piring stainless steel”

Tags : wastafel stainlesswastafel cuci tanganwastafel cuci piringwastafel kamar mandiwastafel portable stainlesstempat cuci tangantempat cuci piringbak cuci piringbak piring stainlessbak cuci piring stainlessmeja sinkbowl sink stainlessbak cuci piring stenlesstainless steel kitchen sinkstainless sinkhand wash sinkdish wash sinkbathroom sinkportable stainless sinkhand sinkkitchen sinkstainless steel sinkstainless sinkcountertop sinksink stainless plate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *