TEMPO.COJakarta – Salah satu hal terbaik tentang wajan stainless steel berkualitas tinggi adalah Anda dapat menggunakannya untuk memasak pada suhu yang sangat tinggi — dan bahkan dapat memasukkannya ke dalam oven untuk menyelesaikan hidangan. Tapi semua masakan dengan panas tinggi itu bisa berarti kekacauan terbakar (terutama jika Anda tidak memperhatikan dengan cermat).

Ilustrasi wajan stainless steel. Pixabay.com/Taken

Trik untuk membersihkan wajan stainlees steel dengan sisa noda gosong tanpa menghabiskan waktu berjam-jam menggosok adalah dengan teknik deglaze saat masih panas. Suhu tinggi yang membuat Anda terlibat dalam kekacauan ini sebenarnya dapat membantu melonggarkan sisa makanan yang menempel. Melansir laman Real Simple, ikuti langkah-langkah berikut untuk membersihkan wajan baja tahan karat karat Anda sehingga terlihat mengkilap dan baru kembali.

Yang Anda Butuhkan:


– Sendok kayu atau spatula
– Sabun cuci piring
– Sikat piring nilon bergagang panjang 
– Spons lembut
– Scraper panci silikon 
– Soda kue (opsional)

Cara Membersihkan Panci Stainless Steel:


1. Setelah makanan dikeluarkan dari wajan, taruh kembali di atas kompor dan nyalakan api. Saat setetes air mendesis di dalam wajan, tuangkan sekitar satu cangkir air. Hati-hati, ini akan menghasilkan uap dan mungkin menggelembung.

2. Dengan menggunakan sendok kayu atau spatula, kikis semua sisa makanan dan saus yang gosong, yang seharusnya panas dan uapnya sudah mengendur.
Matikan api dan biarkan panci menjadi dingin. Tambahkan sedikit sabun pencuci piring, lalu gunakan sikat bergagang panjang untuk menghilangkan sisa makanan dan mengurai minyak.

3. Pindahkan wajan ke wastafel. Pada tahap ini, sebagian besar kotoran harus segera dibilas. Dengan menggunakan spons lembut dan air sabun hangat, bersihkan seluruh wajan, gosok dengan gerakan melingkar. (Catatan: untuk peralatan baja tahan karat, selalu gosok searah dengan butirannya.) Bilas wajan secara menyeluruh dan keringkan sepenuhnya sebelum menyimpannya.

4. Membersihkan bekas noda bakar: Jika ada noda yang sangat membandel pada wajan stainless steel Anda, coba trik ini setelah mengikuti langkah-langkah di atas. Campur soda kue dengan air untuk membentuk pasta. Dengan menggunakan spons lembut, oleskan pasta ke wajan dan gosok dengan gerakan memutar. Bilas wajan dan keringkan.

SUMBER : Tak Perlu Menggosok, Ikuti Tips Membersihkan Wajan Stainless Steel dengan Mudah – Cantik Tempo.co


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *