Penulis Ardiansyah Fadli | Editor Hilda B Alexander

KOMPAS.com – Hampir semua orang makan menggunakan sendok dan garpu. Sementara sebagian lainnya di kawasan Asia Timur menggunakan sumpit. Umumnya sendok dan garpu atau pun sumpit yang digunakan berbahan dasar stainless atau baja tahan karat. Namun, demikian kenyataannya sendok dan garpu justru menjadi barang yang sangat mudah sekali berkarat.

Sujeo, sendok dan sumpit khas Korea.(Thinkstock)

Meski berbahan baja anti-karat, sendok dan garpu tidak bisa bebas 100 persen dari karat.

1. Sendok garpu stainless punya komposisi berbeda-beda

Ketika belanja di mal, atau supermarket Anda pasti sering melihat tulisan stainless  yang tertera pada belakang gagang sendok, garpu ataupun sumpit. Tulisan yang tertera di belakang ketiganya menjelaskan kepada Anda bahwa bahan bakunya berasal dari baja nirkarat.

Namun komposisi baja nir-karat yang digunakan ternyata berbeda-beda kadarnya. Misalnya, sendok dan garpu dengan komposisi 18/10, artinya mengandung 18 persen kromium dan 10 persen nikel.

Atau contoh lain, 18/8 artinya 18 persen kronik dan 8 persen nikel. Sendok dan garpu yang mudah berkarat salah satu penyebabnya karena komposisi nikel yang terlalu sedikit.

Atau sederhananya, semakin banyak bahan nikel, maka semakin tahan karat terhadap korosi. Langkah pertama jika anda ingin membeli sendok dan garpu adalah mencari komposisi bahan dasar nikel yang lebih besar.

2. Deterjen pencuci piring bikin sendok garpu berkarat

Meskipun dengan komposisi nikel yang tinggi dapat membuat sendok dan garpu tahan terhadap karat. Ternyata masih tidak sepenuhnya dapat menjamin bebas dari karat.

Pasalnya, berkarat atau tidak sendok dan garpu yang Anda miliki semuanya kembali pada bagaimana Anda merawatnya. Salah satu hal yang dapat menyebabkan sendok garpu stainless steel berkarat adalah deterjen pencuci piring.

Dengan penggunaan deterjen pencuri piring maka dari waktu ke waktu alat makan seperti sendok dan garpu pasti berkarat.

3. Membiarkan garpu dan sendok dalam keadaan basah di wastafel

Jika sendok garpu dibiarkan basah di wastafel, di mesin pencuci piring atau di meja, asam dari sisa makanan dapat mengikis permukaannya dan menyebabkan noda karat atau lubang. Hal ini sering terjadi jika alat makan tidak langsung dikeringkan setelah dicuci, tetapi dibiarkan mengering di wastafel atau mesin pencuci piring.

Hal sama dapat terjadi jika Anda ingin mencuci sendok dan garpu namun terlebih dahulu merendamnya selama satu hari, kemudian dicuci keesokan harinya. Untuk mencegah karat, Anda harus mencuci sendok garpu setelah digunakan dan segera keringkan.

Hal itu dapat menjamin sendok dan garpu Anda awet, dan terawat dengan baik. Anda juga dapat menyimpannya di dalam peti sendok garpu atau menyimpannya secara terpisah dari sendok garpu lainnya. Ini akan mencegah goresan aneh dari keausan sehari-hari atau dari peralatan lain.

SUMBER : Penting, Ini Penyebab Sendok dan Garpu Anda Mudah Berkarat Halaman all – Kompas.com


Promo pembelian Wastafel stainless

Mau Order Meja cuci tangan & piring (wastafel stainless) dengan desain dan ukuran khusus atau Wastafel keran sensor ? Hubungi kami melalui email di bumata@gmail.com chat Whatsapp kami di 081310045708, 081574972709, 087881743863, 081380545127.

Meja cuci tangan & bak cuci piring 100% stainless steel 

Temukan aneka desain wastafel stainless unik dan elegan dengan berbagai ukuran, anda juga dapat mengorder wastafel dengan desain dan ukuran custom sesuai kebutuhan. Kami juga menawarkan stainless equipment untuk dapur lainnya seperti tempat sampah stainless, cabinet stainless, meja cuci ikan, bak thawing, meja dapur, rak stainless, troli stainless, refrigerator stainless, exhaust hood, grease trap stainless dan produk alat dapur lainnya. Hubungi Telp. 0218613346 , 021 8601862, 021 86604702, 02186604409.

Selain itu kami juga menerima pembuatan Sink dan piring (wastafel) dengan model dan ukuran khusus sesuai keinginan, dapat mengirimkan gambar atau contoh wastafel stainless ke alamat email kami di bumata@gmail.com atau nomor Whatsapp 081574972709, 087881743863, 081380545127, 081310045708,  081517798715

Video “meja cuci piring stainless steel”

Tags : wastafel stainlesswastafel cuci tanganwastafel cuci piringwastafel kamar mandiwastafel portable stainlesstempat cuci tangantempat cuci piringbak cuci piringbak piring stainlessbak cuci piring stainlessmeja sinkbowl sink stainlessbak cuci piring stenlesstainless steel kitchen sinkstainless sinkhand wash sinkdish wash sinkbathroom sinkportable stainless sinkhand sinkkitchen sinkstainless steel sinkstainless sinkcountertop sinksink stainless plate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *