Tong sampah stainless steel yang berada di depan gedung Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (30/10/2019). 

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG – Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Pusat menggelontorkan dana hingga Rp 500 juta guna membeli tong sampah stainless steel.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, Erman, menyebut anggaran Rp 500 juta ini guna membeli 160 set tong sampah stainless steel.

“Iya benar, tong sampah stainless steel ini berbahan baja dan tahan karat. Tahun ini anggarannya mencapai Rp 500 juta lebih untuk 160 set,” kata Erman, saat dikonfirmasi, Rabu (30/10/2019) pagi ini.

Dia merincikan, per set tong sampah stainless steel senilai Rp 3.498.990.

Artinya, jika dikali-kan dengan 160 set maka total anggaran tersebut senilai Rp 559.838.400.

Erman menuturkan, tong sampah stainless steel ini akan beredar pada delapan atau seluruh kecamatan Jakarta Pusat.

“Iya, nanti tong sampah berbahan plastik akan diganti menjadi baja tahan karat atau stainless steel. Nanti akan dipasang di jalan protokol delapan kecamatan kawasan Jakarta Pusat,” ujarnya.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, Marsigit, mengatakan 160 set tong sampah stainless steel ini telah disebar pada delapan kecamatan tersebut.

Tong sampah plastik yang berada di area belakang gedung Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Rabu (30/10/2019).
Tong sampah plastik yang berada di area belakang gedung Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Rabu (30/10/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/MUHAMMAD RIZKI HIDAYAT)

“160 set tong sampah stainless steel sudah disebar ke delapan kecamatan ya. Sudah menggantikan tong sampah plastik,” kata Marsigit, di tempat terpisah.

Satu di antara lokasi tong sampah stainless steel, lanjutnya, yakni pada kecamatan Gambir. Berdekatan dengan gedung Balai Kota DKI Jakarta.

Pengamatan TribunJakarta.com, tong sampah stainless steel ini memang berada di depan gedung Balai Kota DKI Jakarta. Tepatnya di kawasan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Namun, pada area gedung Balai Kota DKI Jakarta yang berada di kawasan Jalan Kebon Sirih Raya, tong sampah plastik masih digunakan. Pun tak ada tong sampah stainless.

Menurut Marsigit, tong sampah stainless steel memudahkan warga Jakarta membedakan jenis sampah dari bahan organik, bahan anorganik, dan bahan berbahaya dan beracun (B3).

Kata Marsigit, tong sampah plastik yang nantinya akan diganti stainless steel akan disalurkan kepada warga Jakarta Pusat.

“Kalau ada tong sampah plastik yang tidak layak akan disimpan di gudang Sudin LH Jakarta Pusat,” ucapnya.

Tong sampah moderen asal Jerman

Tempat sampah buatan Jerman yang dibeli Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.
Tempat sampah buatan Jerman yang dibeli Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. (DOK.ISTIMEWA/DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKI JAKARTA)

Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membeli garbage bin atau tong sampah 660 liter untuk memodernisasi proses pengumpulan sampah di Ibu Kota.

Langkah ini diambil agar Jakarta sejajar dengan kota-kota maju dunia dalam layanan pengelolaan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, jika selama ini pola pengumpulan sampah dilakukan dengan cara tradisional, yaitu tukang gerobak mengumpulkan sampah dari permukiman, kemudian didumping di Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS).

Setelah itu, diangkat kembali ke truk sampah untuk dikirim ke TPST Bantargebang.

“Proses ini tidak efektif dan tidak efisien. Coba kita hitung berapa kali sampah itu naik turun untuk bongkar muat saja. Naik ke gerobak di masing-masing rumah, turun dari gerobak di TPS, naik ke truk sampah dan turun lagi di TPST Bantargebang, ” kata Adji kepada TribunJakarta.com, Senin (4/6/2018).

Adji memaparkan, pola pengumpulan sampah eksisting secara bertahap akan dipangkas.

Tempat sampah buatan Jerman yang tersimpan di Dipo Komplek Hankam, Palmerah, Jakarta Barat.
Tempat sampah buatan Jerman yang tersimpan di Dipo Komplek Hankam, Palmerah, Jakarta Barat. (ISTIMEWA/Dokumen Sudin LH Jakarta Barat)

Untuk jalur pengumpulan sampah yang sudah dilalui truk sampah jenis compactor atau truk sampah tertutup yang dilengkapi mesin press sampah, maka lokasi-lokasi tersebut akan disediakan garbage bin 660 liter ini.

Menurutnya warga di lokasi tersebut dapat meletakan sampah di Garbage Bin tersebut.

“Ilustrasinya satu orang di Jakarta rata-rata menghasilkan 2 sampai 3 liter sampah per hari. Satu Tong Sampah jenis ini dapat menampung sampah yang dihasilkan kira-kira 330 orang atau setara 70 Kepala keluarga. Ketika jadwal pengangkutan Garbage Bin, petugas dapat mendorong bin beroda ini ke lokasi truk compactor dan mengaitkan ke kait hidroliknya, maka sampah akan terangkat ke dalam truk compactor. Persis seperti di negara-negara maju,” kata Adji.

Sedangkan untuk jalur pengumpulan sampah yang masih menggunakan gerobak atau gerobak motor, maka Garbage Bin 660 liter ini diletakan di TPS.

“Lokasi-lokasi permukiman padat yang jalannya sempit dan tidak dapat dilayani oleh truk compactor atau truk besar lainnya, maka sampah dari rumah-rumah di lokasi tersebut dikumpulkan oleh petugas gerobak motor ataupun tukang gerobak ke TPS,” kata Adji.

Adji mengungkapkan, selama ini sampah di TPS di dumping secara terbuka, ke depan sampah-sampah di TPS akan diwadahi di garbage bin, sehingga tertutup untuk menghindari bau yang menyebar, berkembangbiaknya lalat, dan binatang vektor penyakit lainnya.

“Tahun ini, Ibukota juga menjadi tuan rumah Asian Games, sesuai pesan Pak Gubernur dan Pak Wagub, kita harus menjadi tuan rumah yang baik dan kita harus menorehkan catatan sejarah, salah satunya yang menjadi fokus kami di DLH ada memodernisasi dan meningkatan layanan pengelolaan sampah,” kata Adji.

SUMBER : Belanja 160 Set Tong Sampah Stainless Steel, Sudin Lingkungan Hidup Jakpus Habiskan Rp559 Juta – Halaman 3 – Tribun Jakarta (tribunnews.com)


Beli Tempat Sampah Stainless Indoor – Oudoor berkualitas dengan harga murah terbaru 2020 di Jaya Stainless! Pembayaran mudah, pengiriman cepat & bisa custom logo.

Tempat sampah stainless

Tempat sampah stainless, jaga kebersihan dan tingkatkan estetika ruang

Dustbin siste injak cocok bila diaplikasikan pada lokasi umum industri komersial seperti mall, hotel, rumah sakit, bandara, taman kota (tempat sampah tanam stainless), pabrik, dan tempat umum lainnya. Seperti mini dan supermarket juga perhotelan, Anda juga dapat mengorder tong sampah dengan logo dan tulisan custom di Jaya Stainless sesuai keinginan.

Terlihat lebih minimalis dan indah dengan warna yang mengkilap dan variasi desain yang elegan sehingga saat ini cukup banyak dari konsumen kami yang membeli produk tong sampah stainless dalam jumlah satuan untuk keperluan rumah tinggal, tong sampah stainless memang didesain khusus agar dapat memudahkan siapapun yang ingin membuang sampah.

Tempat sampah stainless

Jaya Stainless adalah produsen tong sampah stainless sejak tahun 2000 dengan menawarkan puluhan desain dan ukuran, dapatkan juga diskon produk jika pembelian semakin banyak. Hubungi kami melalui email di bumata@gmail.com whatsapp kami di 081310045708, 081574972709, 087881743863, 081380545127, atau menghubungi kantor kami di (021) 861-3346, 8601862, 86604702, 86604409.

Tags : tong sampah stainless, keranjang sampah keringtrash cansstainless trash cansstainless trash cansstampede binsstainless car binsstainless kitchen binsroom binsdry binshotel binsstainless binsstainless steel bins


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *