Jakarta – Dapur adalah bagian terpenting dari sebuah rumah. Karena di dapurlah kita bisa mengolah makanan untuk disantap oleh keluarga. Namun, salah satu bagian dapur bisa jadi sarang kuman lho, terlebih di wastafel.

Menurut dr.Charles Gerba, seorang ahli mikro biologi dan profesor di Universitas Arizona, dapur khususnya bagian benar-benar bisa menjadi inkubator bakteri. Lantaran banyak kuman bersarang di sana.

“Semuanya dimasukkan ke dalam sana. Anda memotong daging mentah di talenan, kemudian membilasnya di wastafel. Bahkan ada lebih banyak bakteri tinja di wastafel daripada di toilet,” tutur Gerba, dilansir Today.

Gerba kemudian menyarankan untuk rutin membersihkan wastafel. Cuci wastafel dengan sabun dan air panas, terutama setelah membilas daging dan unggas.

Nah, berikut ini cara membersihkan wastafel dengan mudah dan menggunakan bahan alami, seperti dikutip dari Real Simple.

Alat yang dibutuhkan:

– Sabun cuci piring
– Spons lembut
– Sikat gigi bekas
– Bubuk soda kue / baking soda
– Lemon
– Cuka putih
– Minyak zaitun (opsional)
– Minyak lemon (opsional)

Cara membersihkan wastafel:

1. Kosongkan wastafel. Pastikan tidak ada sisa piring atau gelas yang tertinggal setelah kita mencuci piring. Kemudian bersihkan saringan dari semua partikel makanan.

2. Campurkan air hangat dengan sedikit sabun cuci piring dalam mangkuk. Celupkan spons lembut (hindari menggunakan sikat yang bisa menggores permukaan) dalam larutan dan gosok seluruh wastafel, termasuk dinding.

3. Jika saluran pembuangan kotor, ambil sikat gigi yang tidak terpakai, celupkan ke dalam larutan sabun, dan gunakan untuk menggosok penutup saluran wastafel.

4. Jika solusi ini tidak berhasil, inilah saatnya untuk menggunakan soda kue. Soda kue bersifat abrasif, ini bisa membantu memecah partikel makanan yang menempel di wastafel tanpa merusak permukaan wastafel. Taburkan baking soda di seluruh permukaan wastafel. Kemudian, dengan menggunakan spons atau kain lembut, gosok dengan gerakan memutar.

5. Lanjutkan menggosok seluruh permukaan wastafel, termasuk dinding, untuk menghilangkan residu dan noda. Setelah selesai menggosok, bilas wastafel dengan cuka putih, ini akan menimbulkan gelembung dari sisa soda kue yang ada, dan membuat wastafel jadi lebih mudah dibilas.

6. Untuk menghilangkan noda yang membandel, taburkan sedikit garam ke area bernoda. Potong lemon menjadi dua dan gunakan sisi potongan untuk menggosok noda dengan garam. Setelah selesai menggosok, bilas wastafel sampai bersih.

7. Jika ingin wastafel lebih kinclong, tambahkan setetes minyak zaitun (untuk wastafel stainless steel) atau minyak lemon (untuk wastafel porselen) ke kain lembut. Gosok minyak di atas permukaan wastafel, lalu bersihkan sisa berlebih dengan kain bersih.

Sumber : https://www.haibunda.com/moms-life/20191122113621-76-68381/cara-membersihkan-wastafel-pakai-bahan-alami-agar-tetap-higienis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *