Harianjogja.com, TANGERANG – Kampanye hidup sehat dilakukan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Ia mengajak masyarakat untuk memanfaatkan transportasi publik sekaligus tetap menjaga gaya hidup sehat di tengah masa pandemi saat ini, salah satunya dengan bersepeda.

Dikatakan Menhub, sepeda termasuk transportasi yang melengkapi moda transportasi publik kota seperti kereta api. Untuk itu, Menhub menyarankan para komuter pengguna kereta api bisa menggunakan sepeda menuju stasiun kereta api yang tentu lebih sehat ketimbang naik kendaraan bermotor.

“Saya anjurkan naik sepeda supaya jangan motorize. Jadi sekaligus olahraga,” ucap Menhub saat mengampanyekan gaya hidup sehat dengan bersepeda bersama selebritas seperti Nugie dan Wulan Guritno di Stasiun Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten, ditulis Senin (5/10/2020).

“Orang kalau mau ke kantor bisa naik sepeda, kalau sepedanya lipat bisa dilipat (saat naik kereta). Begitu sampai Thamrin bisa naik sepeda lagi,” lanjutnya.

Agar pemanfaatan angkutan massal bisa lebih ditingkatkan, Menhub menegaskan harus tersedia sarana antar moda, termasuk moda transportasi kereta api dengan sepeda.

“Seperti (Stasiun) Cisauk, ini salah satu intermoda yang paling baik,” terangnya.

Permenhub Nomor 59 Tahun 2020

Untuk meningkatkan keselamatan para pesepeda di jalan, Kementerian Perhubungan sendiri sudah mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan.

“Peraturan ini bukannya membuat orang susah, justru melindungi agar orang itu kalau bersepeda baik, terlindungi, aman. Kalau untuk ke pasar tidak usah pakai helm tetapi kalau mau 60 kilo harus pakai helm,” papar Menhub.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menambahkan, dengan terbitnya Permenhub Nomor 59 Tahun 2020, Kemenhub mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi untuk segera menyiapkan jalur-jalur bagi pesepeda.

“Agar masyarakat nyaman, kalau jalurnya khusus kan masyarakat akan mau menggunakan sepeda,” ujarnya.

Dia juga meminta kepada para pengelola gedung, kantor, sarana transportasi publik, mall, sekolah, hingga tempat peribadatan untuk menyiapkan tempat parkir untuk sepeda.

“Untuk tempat parkir sepeda ini kalau di mall atau di apartemen, jangan ditempatkan di basement yang paling bawah. Yang mudah dijangkau tetapi mudah juga diawasi,” pesannya.

Pihak PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sendiri akan terus memberikan kemudahan bagi para pesepeda yang ingin melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan KRL.

“Kalau KCI sekarang sudah ada empat stasiun yang sudah terintegrasi dengan moda angkutan lainnya,” jelas Wiwik Widayanti Direktur Utama PT KCI.

“Seperti di Sudirman sekarang mulai ditempatkan parkir-parkir sepeda,” sambungnya.

Wiwik mengungkapkan nantinya di setiap stasiun KRL akan disediakan tempat parkir untuk sepeda sehingga masyarakat bisa menuju stasiun dengan bersepeda.

“Sehingga orang bisa dengan mudah bergerak dari satu tempat ke tempat lain dengan aman, nyaman dan sehat,” tutup

Sumber : Suara.com

Sumber : https://news.harianjogja.com/read/2020/10/05/500/1051677/kampanye-bersepeda-menhub-minta-gedung-sediakan-tempat-parkir-sepeda


Jaya Stainless melayani order pemasangan kitchen set stainless untuk kebutuhan rumah dan industri komersial dan melayani order kitchen set stainless dengan desain khusus sesuai dengan keinginan konsumen, dan untuk estimasi biaya pemasangan kitchen set stainless akan kami ditentukan setelah proses pengukuran dapur oleh tim kami. Pesan cepat melalui email bumata@gmail.com Hubungi Telp. 021-8613346 , 021-8601862, 021-86604413, 021-86604409 atau Whatsapp kami 081310045708, 081574972709, 087881743863, 081380545127, 081517798715.

TAG :  Rak parkir sepedaBicycle Stand,  Tempat parkir sepedaTempat sepeda outdoortempat parkir sepeda outdoorrak sepedaBike rackParkir sepeda model umodel parkir sepedaparkir speeda kampustempat parkir sepeda pabriktempat parkir sepeda tamankomunitas sepedamodel tempat parkir sepedabicycle adverisingbike parking area.


Beberapa Manfaat Parkir Sepeda

Parkir sepeda adalah tempat untuk memarkirkan sepeda yang biasanya dilengkapi dengan perangkat untuk mengunci, merantai sepeda pada rak sepeda. Fasilitas untuk mengunci atau merantai sepeda pada rak sepeda diperlukan mengingat tingginya angka pencurian sepeda. Rak sepeda biasanya ditempatkan diperkantoran, tempat perbelanjaan, pemukiman, sekolah termasuk untuk kegiatan parkir dan menumpang/park &ride angkutan umum.

Berdasarkan kajian yang dilakukan di Uni Eropa menunjukkan bahwa penyediaan fasilitas parkir sepeda yang diawasi akan mendorong penggunaan sepeda karena beberapa alasan salah satunya Mengurangi jarak dan waktu berjalan kaki, Mengurangi kekawatiran sepeda dicuri, dan Meningkatkan aksesibilitas.

Sumber : wiki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *