Adanya tiang di trotoar batasi ruang gerak penyandang disabilitas

Dikutip dari TribunNews, Bogor Tengah dimana pedestrian di Kota Bogor nampaknya tidak sepenuhnya ramah terhadap penyandang disabilitas. Kondisi tersebut dikarenakan masih banyaknya jalur pedestrian yang tidak dapat dilalui oleh pengguna kursi roda, satu diantaranya seperti Muhamad.

Beliau merupakan seorang penyandang disabilitas yang setiap hari memanfaatkan fasilitas pedestrian, pria yang sehari-harinya melakukan aktifitas dengan menggunakan kursi roda ini terlihat sangat kesulitan saat melintas di pedestrian.

Kondisi tersebut tidak lain yakni disebabkan oleh adanya beberapa tiang yang memang sengaja dipasang dengan tujuan untuk menghalangi para pengguna motor ikut menggunakan jalan yang memang disediakan khusus untuk pejalan kaki, namun rupanya tiang itu juga menghalangi Muhamad untuk melintas.

Sebagai contoh adalah pedestrian yang berada di depan Kantor DPRD Kota Bogor, dia juga harus sedikit menekuk kursi roda yang digunakannya. Mungkin kali ini dia beruntung karena adanya petugas Satpol PP yang membantunya saat Ia melintasi kawasan tersebut.

“Emang ada beberapa yang sulit, tiang itu kan biar motor sama pedagang enggak bisa lewat, tapi ternyata saya yang pakai kursi roda juga kesulitan untuk melintas,” katanya.

Pria yang akrab disapa Eman ini berharap agar setiap fasilitas yang akan dibangun atau dibuat untuk penyandang disabilitas agar melibatkan para kaum disabilitas.

“Iya seharusnya di cek dulu, diukur dulu, biar pas,” ujarnya.(*)

Sumber : bogor.tribunnews.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *